News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

KPU Dharmasraya Gelar Sosialisasi Pilkada

KPU Dharmasraya Gelar Sosialisasi Pilkada

PULAU PUNJUNG - Sempat tertunda akibat pandemi Covid-19, Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Dharmasraya, kembali melanjutkan sosialisasi tahapan Pilkada serentak 2020 di Auditorium kantor Bupati setempat, Jumat (19/6/2020).

Ketua KPUD Dharmasraya, Maradis, mengatakan, bahwa pihaknya tengah mensosialisasikan PKPU Nomor 5 Tahun 2020 tentang Tahapan Jadwal Pemilihan Serentak 2020 yang baru-baru ini telah diputuskan oleh KPU RI bersama DPR RI. Di mana, ada beberapa tahapan yang sempat tertunda lantaran pandemi Covid-19, dan kini mulai silanjutkan kembali.

"Kemarin ada beberapa tahapan yang ditunda. Ini baru pengaktifan kembali terkait dengan calon perseorangan untuk verifikasi faktual," katanya.

Maradis menyebutkan, bahwa verifikasi faktual syarat dukungan untuk calon perseorangan juga akan segera dilakukan. Di mana, verifikasi faktual akan dimulai mulai 24 Juni hingga 12 Juli 2020 mendatang.

"Dalam waktu dekat ini, 24 juni- 14 juli rekrutmen PPDP atau petugas Coklit dan rekapan calon independen gubernur dan wakilnya, 24 juni- 12 Juli 2020 ini," jelasnya.

Setelah tahapan verifikasi faktual, masih ada tahapan-tahapan pilkada lainnya yang disebut Maradis, telah dijabarkan pada PKPU Nomor 5 Tahun 2020. Salah satunya, disebutkan pendaftaran bakal calon bupati dan wakil bupati dari jalur partai politik akan dilaksanakan dari tanggal 4 hingga 6 September 2020 mendatang.

"Jadi, pengumuman pasangan calon pada 28 Agus hingga 3 September 2020," katanya.

Dirinya mengatakan, bahwa dalam pilkada tahun ini, tidak ada tahapan pilkada yang dihilangkan. Namun, sejumlah kegiatan yang akan dirampingkan.

"Yang dihilangkan seperti kegiatan jalan santai, serta rapat umum pada saat kampanye," ungkapnya

Sementara itu, pilkada yang akan digelar pada 9 Desember 2020 ini, KPU mentargetkan capaian partisipasi masyarakat diangka 77,5 persen.

"Tahun lalu, partisipasi masyarakat 99.739, dengan persentase 72,90 persen, dengan jumlah pemilih sah 99.265," kata Doni Kartago, Divisi Sosialisasi mengakhiri. (PN-018)

Foto:
Jumpa pers KPUD Dharmasraya, dalam rangka sosialisasi tahapan pilkada yang tertunda.

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment