News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Asa ke Sumbar 1, Gusmal "Tebar Pesona" Via Baliho di Berbagai Daerah di Sumbar

Asa ke Sumbar 1, Gusmal "Tebar Pesona" Via Baliho di Berbagai Daerah di Sumbar

SOLOK - Bupati Solok dua periode, Gusmal, SE, MM Dt Rajo Lelo, disebut bakal bertarung di kontestasi Pilkada Sumbar 2020. Hal itu, terlihat dari bertebarannya baliho Bupati Solok dua periode (2005-2010 dan 2016-2021) di berbagai daerah di Sumbar, tidak hanya di Kabupaten Solok. Sebagai pamong senior, Gusmal dikenal sebagai sosok low profile. Sehingga, niatnya maju sebagai calon Gubernur atau wakil Gubernur Sumbar, patut diperhitungkan. Sebagai salah satu sosok di Solok Raya (Kabupaten Solok, Kota Solok, Solok Selatan) dan perwakilan masyarakat Sumbar Timur (Solok Raya ditambah Sijunjung, Sawahlunto, Dharmasraya), peluang Gusmal terbilang besar.

"Sebagai pemilik kedaulatan maka masyarakat berhak menentukan pemimpinnya di masa depan. Masyarakat bebas mencari figur yang mereka harapkan bisa mengeksplorasi berbagai sumber daya, baik sumber daya alam maupun sumber daya manusia, untuk kemaslahatan daerah," ujar Gusmal saat ditanya kesiapannya menuju Sumbar 1.
Baliho Bupati Solok Gusmal, SE, MM Dt Rajo Lelo di depan Minang Plaza (Basko Plaza), Kota Padang.
Sejatinya, desas-desus Gusmal akan ikut bertarung di Sumbar 1 sudah berembus sejak enam bulan lalu. Selain ada dorongan dari Solok Raya atau perantau S3 (Solok Saiyo Sakato/ Kabupaten Solok, Kota Solok dan Solok Selatan), Gusmal juga sudah menjalin komunikasi dengan beberapa tokoh politik yang bertarung pada Pilkada serentak 9 Desember 2020 mendatang. Gusmal juga menyatakan Pilkada sebagai representasi pelaksanaan kedaulatan rakyat dalam mengikuti proses demokrasi di negeri ini.

"Ketika rakyat berharap dan mendorong, kita akan mengikuti alur tersebut. Komunikasi selama ini sudah kita jalin dengan sejumlah balon Gubernur Sumbar," ujarnya.

Dalam sejumlah survei, nama Gusmal makin populer, bahkan masuk di jajaran tiga besar sebagai salah satu kandidat kuat. Bersaing dengan balon-balon lainnya yang sudah lebih dahulu menyebar baliho di berbagai daerah di Sumbar.

Nama Gusmal juga bersisian dengan sejumlah kepala daerah se-Sumbar. Seperti Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah, Bupati Agam Indra Catri, Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit yang juga mantan Bupati Pesisir Selatan, Walikota Pariaman Genius Umar, Bupati Padang Pariaman Ali Mukhni dan sejumlah tokoh politik Sumbar lainnya. Melihat kandidat yang muncul, wajar jika Gusmal punya optimisme yang sama. Pengalaman dan perjalanan karirnhya memungkinkan untuk menuju Sumbar 1. Sebagai pamong, Gusmal pernah menjajaki semua jenjang kepegawaian di daerah. Mulai dari staf, kasubag, kasi, Kabag, Kepala Dinas, Kepala Badan, hingga Sekretaris Daerah Kabupaten Solok.
Baliho Bupati Solok Gusmal, SE, MM Dt Rajo Lelo di depan Taman Imam Bonjol, Kota Padang.
Sebagai kepala daerah, Gusmal pun sudah dua periode. Di samping itu, Gusmal merupakan figur ninik mamak, bahkan saat ini didapuk sebagai ketua LKAAM Kabupaten Solok.

Gusmal menyebut, dirinya akan memaksimalkan berbagai sumber daya jika nanti bertarung di kontestasi Pilkada Sumbarm yakni optimalisasi Sumber Daya Alam (SDA), Sumber Daya Manusia (SDM), dan Sumber Daya Sosial (SDS), sebagai tiga bagian yang tidak terpisahkan. Gusmal berharap, Sumbar ke depan bisa memanfaatkan tiga potensi ini. Sebab Sumbar kaya akan tiga sumber ini, tinggal memanfaatkannya secara maksimal.

"Saat ini, Sumbar membutuhkan figur yang bisa diterima samua pihak. Baik itu kalangan petani, pedagang, pekerja kasar, pengusaha, UMKM, para elit dan seluruh elemen masyarakat. Karena itu, dibutuhkan figur yang membumi. Sosok yang dikenal semua kalangan dan dekat dengan berbagai unsur. Yakni sosok yang siap mewakafkan dirinya, untuk membangun Sumbar dengan ikhlas," tegasnya. (PN-001)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment