News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Viral di Medsos, "Rumah Plastik" Mengungkap Potret Kemiskinan di Kabupaten Solok, Sumbar

Viral di Medsos, "Rumah Plastik" Mengungkap Potret Kemiskinan di Kabupaten Solok, Sumbar

Viral di Medsos, Wakil Bupati Solok Kunjungi "Rumah Plastik"
Potret Kemiskinan di Tengah Derasnya Bantuan
Derasnya informasi melalui jaringan dan media sosial, membuat potret kemiskinan di Kabupaten Solok terus terumbar luas. Tak tersentuh program bantuan, masyarakat yang peduli, mengadukan nasib saudaranya ke media sosial dan media jaringan. 
Gubuk kecil di Lembang, Jorong Galagah, Nagari Alahan Panjang, Kecamatan Lembah Gumanti, Kabupaten Solok itu, kompak dinamakan "Rumah plastik". Sebab, hampir semua bahan bangunan terbuat dari plastik. Atap, dinding dan juga ruang untuk makan dan tidur di tanah beralasakan plastik. Ukuran rumah tersebut tidaklah terlalu luas, hanya berukuran 3x6 meter saja. Rumah tersebut sehari-hari dihuni oleh pasangan suami isteri Aprizal (28 thn) dan Susanti (25), serta dua orang anak yakni Ara Aqila (7) dan Nabila (5,5).

"Rumah Plastik" ini, pertama kali diposting oleh akun Facebook Akhi Raes Alpa dan sempat dibagikan ratusan kali serta ratusan komen dan like.

Rabu siang (13/5/2020), rumah plastik ini mendapat perhatian serius dan dikunjungi langsung Wakil Bupati Solok, Yulfadri Nurdin, bersama Walinagari Alahan Panjang, Zulkarnaini, Walijorong Galagah dan sejumlah tokoh masyarakat setempat.

Kepada Wakil Bupati Solok dan rombongan, Aprizal menyebutkan bahwa dirinya bersama isteri dan kedua anaknya, sudah tinggal di rumah tersebut selama dua tahun lebih. Sebelumnya yang bersangkutan mengaku tinggal di Surian, Kecamatan Pantai Cermin di rumah orang tua Aprizal.

"Kami memang tidak dapat bedah rumah karena data kependudukannya masih rancu, dan sekarang sudah diperbaiki oleh pihak walinagari Alahan Panjang bersama Bapak Jorong," sebut Aprizal.

Bahkan akibat viralnya di Facebook dan Grup WhapsAaps, saat ini sudah terkumpul uang dan material bangunan senilai Rp 42 juta dari para donasi.

"Rencananya Pembangunan rumah beliau akan dilakukan secara Gotong royong oleh pemuda dan masyarakat dengan ukuran bangunan 7x7 meter. Kita menargekan rumah tersebut akan selsai sebelum lebaran," sebut Walinagari Zulkarnaini.

Sementara Wakil Bupati Solok, Yulfadri Nurdin, mengaku baru menerima laporan Selasa malam dan langsung pada hari Rabunya mengunjungi rumah tersebut.

"Iya, tadi malam saya dapat info dari rekan-rekan media dan hari ini makanya langsung berkunjung kesini bersama aparat dari pemetintahan Nagari," sebut Yulfadri Nurdin.

Pihaknya berterimakasih kepada para donatur, yang dengan sukarela mengumpulkan dana untuk pembangunan rumah Bapak Aprizal dengan yang lebih kayak.

"Apalagi disini kalau malam, suhu bisa mencapai dibawah 15 derajat celcius. Dan bisa dibayangkan betapa dinginnya," sebut Yulfadri Nurdin.

Peninjauan lansung masyarakat Jorong Lembang, Nagari Alahan Panjang yang firal beberapa hari ini. Hal ini, dikarenakan mempunyai tempat tinggal yang tidak layak. Hanya tinggal di gubuk yang ditutupi dengan terpal plastik.

"Nanti kita juga akan minta Dinas Sosial untuk membantu peralatan memasak dan juga kasur untuk keluarga ini," terang Yulfadri Nurdin. (PN-008)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment