News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Legislator dan Pemuda Tanjung Paku Semprotkan Disinfektan ke Rumah-Rumah Warga

Legislator dan Pemuda Tanjung Paku Semprotkan Disinfektan ke Rumah-Rumah Warga

SOLOK - Merebaknya wabah Virus Corona atau Covid-19 membuat Anggota DPRD Kota Solok, Nasril In Dt Malintang Sutan, SH turun langsung melakukan penyemprotan disinfektan ke rumah-rumah warga di Tanjung Paku, Kecamatan Tanjung Harapan, Kota Solok, Senin (6/4/2020). Hal itu dilakukan Nasril In sebagai upaya pencegahan penularan Covid-19. Kegiatan ini, juga diikuti oleh pemuda, RT, RW, serta masyarakat.

Anggota DPRD Kota Solok, Nasril In Dt Malintang Sutan, SH mengungkapkan, kegiatan penyemprotan disinfektan ini dilakukan bersama unsur pemuda serta RT dan RW. Pada hari pertama ini, Nasril bersama masyarakat, menyasar tiga kelurahan dari tujuh kelurahan di Kecamatan Tanjung Harapan.

"Kita buktikan rasa kepedulian untuk pencegahan Covid-19, Oleh karena itu, kita tergugah untuk bersama bergerak melakukan bhakti sosial. Semoga saja ini bermanfaat bagi masyarakat lain, untuk mencegah virus ini tidak berkembang di Kota Solok," ungkapnya.

Di hari pertama, sebanyak 3.000 liter disinfektan disemprotkan ke rumah-rumah penduduk. Tiga kelurahan tersebut adalah Kelurahan Tanjung Paku, Nan Balimo, dan Pasar Pandan Air Mati (PPA). Di sela-sela penyemprotan, Nasril In juga melakukan sosialisasi dan edukasi ke masyarakat terkait penanganan Covid-19. Yakni meningkatkan pola hidup bersih, selalu mencuci tangan, serta selalu memakai alat perlindungan diri (APD) berupa masker.

"Kegiatan ini harus terus dilakukan secara masif dan terus menerus sampai virus corona dinyatakan hilang. Dengan merebaknya virus corona ini, masyarakat harus bersatu dan bergotong royong dalam memutus rantai virus corona. Di antaranya, dengan mengikuti imbauan pemerintah untuk selalu mengedepankan pola hidup bersih dan sehat. Seperti sering mencuci tangan, menggunakan masker dan menghindari terjadinya kerumunan," ujarnya.

Nasril In juga berharap, masyarakat Kota Solok mengurangi bepergian keluar rumah untuk tujuan yang tidak jelas dan tidak bermanfaat. Menurutnya, saat ini, sikap menjaga jarak dengan orang adalah tidak berkerumun sangat ideal untuk memproteksi diri dari ancaman virus corona.

"Lebih baik berdiam diri di rumah untuk sementara, sampai virus ini hilang. Karena virus ini tidak mengenal waktu, jabatan dan lainnya sehingga siapapun bisa terjangkit," paparnya.

Anggota DPRD Kota Solok, Nasril Dt Malintang Sutan (baju hitam) jelang melakukan pemyemprotan ke rumah-rumah warga di tiga kelurahan di Kecamatan Tanjung Harapan, Kota Solok, Senin (6/4/2020).

Sementara itu, Ketua Pemuda Kelurahan Tanjung Paku Erit Orando, Amd.Ak di sela-sela kegiatan penyemrotan disinfektan menyampaikan ucapan terima kasih serta apresiasi terhadap kepedulian dan partisipasi aktif Anggota DPRD bersama masyarakat. Menurutnya, Nasril In, yang juga merupakan tokoh masyarakat Kelurahan Tanjung Paku, turun langsung dalam upaya mengantisipasi penyebaran Covid-19 di lingkungan warganya.

"Mudah-mudahan dengan ikhtiar yang dilakukan oleh pemerintah dan masyarakat, kita bisa terbebas dari virus corona ini. Semoga kita senantiasa dalam keadaan sehat wal afiat dan dijauhkan dari virus Corona," ungkapnya.

Erit Orando yang kesehariannya salah satu tenaga kesehatan di RSUD M Natsir Solok, menyatakan, seluruh elemen harus bergerak bersama mencegah penyebaran Covid-19 ini di Kota Solok, khususnya di tingkat masyarakat. Di antaranya dengan mematuhi imbauan dan program-program pemerintah. Baik di tingkat pusat, provinsi, maupun di tingkat Kota Solok.

"Seluruh warga harus aktif menjalankan program-program pencegahan ini. Misalnya, jika ada warga yang baru datang dari perantauan, agar segera diarahkam untuk melapor kepada ketua RT dan RW setempat. Untuk kemudian dilakukan pemeriksaan diri oleh tenaga kesehatan supaya lingkungan tetap steril. Apalagi bagi perantau yang berada di daerah zona merah atau daerah yang sudah muncul kasus positif Covid-19. Hal itu dilakukan demi kebaikan kita bersama. Walaupun kondisi kita dalam keadaan sehat atau tanpa gejala, namun kita harus waspada. Karena pencegahan lebih baik daripada pengobatan," ungkapnya. (PN-001)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment