News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Bawaslu Kota Solok Launching Buku Pengawasan Pemilu

Bawaslu Kota Solok Launching Buku Pengawasan Pemilu

SOLOK - Bawaslu Kota Solok melaksanakan launching Buku perjalanan Bawaslu Kota Solok Dalam Pengawasan Pemilu 2019, di Aula Hotel Taufina Kota Solok, Selasa (24/12). Acara dibuka langsung Ketua Bawaslu Kota Solok Triati, S.Pd, dihadiri, Sekretaris Bawaslu Kota Solok Agustim Melta, Rafiqul Amin, S.Pd,I, Kordiv Hukum Penindakan Pekanggaran dan Sengketa Bawaslu Kota Solok, Dr. Budi Santosa, MP, Kordiv Pengawasan Masyarakat. Serta Kordiv Penindakan Pelanggaran Bawaslu Provinsi Sumbar Eli Yanti, SH. Kapolres Solok Kota, Dandim 0309 Solok, Walikota Solok, Usur partai politik, Ormas, Ninik Mamak, Bundo Kandung, Media Masa, dan unsur masyarakat lainya.

Triati menyampakan, untuk menyampaikan keterbukaan bagi  kepentingan publik. Bawaslu Kota Solok dalam kiprahnya telah nemnyampaikan berbagai informasi kepada publik dengan terbuka dan maksimal. Hal itu adalah sebagai wadah pengawasan pemilu 2019. Kesemua itu dituangkan dalam sebuah buku catatan perjalanan Bawaslu Kota Solok dalam pengawasan pelaksanaan Pemilu 2019.

"Bawaslu Kota Solok telah bekerja maksimal melakukan pencegahan dan penindakan terhadap berbagai aspek pelanggaran pemilu. Mencegah terjadinya poitik uang (money politics), dan sebagainya," ujarnya.

Selain sebagai pertanggunghawaban pelaksanaan tugas, kegiatan ini juga dimaksudkan sebagai gambaran umum pengawasan terhadap segala proses Pemilu di Kota Solok yang berlangsung. Sehingga dapat dijadikan sebagai catatan bagi masyarakat luas, terutama bagi partai politik. Ormas dan aspek terkait lainya. Dalam hal pelaksanaan pemilu di Kota Solok.

"Karena kita tahu Kota Solok bakal memasuki babak baru Pilkada, yakni pemilihan Walikota dan wakil walikota yang berlangsung tahu 2020  mendatang. Melalui acara ini, kita menghimbau kepada seluruh para balon Walikota dan Wakil Walikota Solok. Dan juga kepada Tim Sukses, Partai Pendukung, relawan dan masyarakat. Jangan sampai terjadi pelanggaran dan tindakan yang akan merysak kandidat calon. Karena setiap pelanggaran akan diberi sangsi tegas,. Kita mengharapkan pilkada di Kota Solok berjalan aman dan lancar," ujarnya.

Bawaslu sebagai penanggung jawab pelaksanaan penyelenggara pemilu, dituntut mempersiapkan seluruh jajaran dalam pengawasan seluruh aspek demi lancar jalannya pemilu.

Tugas, wewenang dan kewajiban bagi seluruh Bawaslu di  semua tingkatan, memiliki kewajiban untuk menbuat laporan akhir yang komprehensif, mencakup semua tahapan yang dilalui dalam pemilu. Tahun 2019 merupakan tahun yang sangat strategis bagi Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu). Karena pesta besar yakni untuk pemilihan DPR, DPD, Pemilu Presiden dab Wakil Presiden, serta pemilihan DPRD Propinsi dan DPRD Kota tahun 2019 telah berjalan sukses dan maksimal di Kota Solok. Kesemua itu, bagi Bawaslu Kota Solok sendiri. Semua tahapan itu telah dilaksanakan dan dijalani dengan maksimal.

Acara diakhiri dengan penyerahan buku perjalanan Drap dan langkah kilas balik perjalanan Bawaslu Kota Sokok dalam pengawasan Pemilu 2019. Oleh Ketua Bawaslu Kota Solok Triati, S.Pd, didampingi Sekretariat Bawaslu Kota Solok Agustim Mekta, Rafiqul Amin, S.Pd,I, Kordiv Hukum Penindakan Pekanggaran dan Sengketa Bawaslu Kota Solok, Dr. Budi Santosa, MP, Kordiv Pengawasan Masyarakat. Serta Kordiv Penindakan Pelanggaran Bawaslu Provinsi Sumbar Eli Yanti, SH. Lalu kepada Kapolres Solok Kota, Dandim 0309 Solok, Walikota Solok, Usur partai politik, Ormas, Ninik Mamak, Bundo Kandung, Media Masa, dan unsur masyarakat lainnya. (rijal islamy)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment