Selain Bumi, Sejumlah Planet Ini Bisa Dihuni Manusia - PATRONNEWS

Saturday, October 5, 2019

Selain Bumi, Sejumlah Planet Ini Bisa Dihuni Manusia

Selain Bumi, Sejumlah Planet Ini Bisa Dihuni Manusia

DARI sekian banyak planet yang ada di luar angkasa, bumi dikenal sebagai satu-satunya planet yang dapat dihuni dan menjadi sumber kehidupan bagi manusia, tidak terkecuali orang Indonesia. Hal ini tidak lepas dari keunikan yang hanya dimilikinya, seperti memiliki kandungan oksigen serta atmosfer yang dapat melindungi manusia. Namun selain planet bumi, ada pula beberapa planet lainnya yang dinyatakan dapat digunakan sebagai tempat tinggal manusia. Penasaran?
Proxima B dikenal sebagai salah satu planet yang dapat dihuni oleh manusia. Planet ini mengorbit pada bintang biner yang jaraknya tidak terlalu jauh dari bumi. Selain itu, Proxima B juga memiliki kandungan atmosfer yang hampir sama dengan bumi, seperti memiliki bebatuan serta kandungan air di dalamnya. Karena itulah Proxima B ini dikenal sebagai salah satu planet yang layak huni.
Dari Konstelasi Aquarius telah ditemukan tiga buah bintang exoplanet yang dinyatakan sebagai bagian dari planet yang layak huni. Planet tersebut dikenal dengan nama Trappist-1, selain memiliki kandungan air yang cukup banyak, planet ini juga mengandung tanah di bagian permukaannya. Namun sebagai planet layak huni, planet ini memiliki jarak yang sangat jauh dan belum ada teknologi yang dapat meraihnya dengan mudah.
Planet lainnya yang juga dipercaya layak untuk dihuni adalah planet HD 189732b. Planet ini dinyatakan layak huni karena memiliki tampilan yang sama dengan bumi yaitu berwarna biru. Bahkan pihak NASA menyatakan bahwa planet tersebut mampu menghasilkan hujan seperti bumi. Sementara itu, berdasarkan penelitian terbaru dinyatakan bahwa hujan yang terdapat di planet tersebut bukanlah air, melainkan kaca yang meleleh.
Kepler 186-f adalah jenis planet lainnya yang juga sempat dinyatakan sebagai planet layak huni. Hal ini tidak lepas dari perkiraan yang mengatakan bahwa di planet tersebut terdapat air yang berfungsi sebagai sumber kehidupan manusia. Selain itu, planet ini juga dianggap aman karena memiliki kandungan oksigen di dalamnya. (*/PN-001)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 PATRONNEWS | All Right Reserved