Bupati Gusmal Silaturahmi dengan Perantau Solok di Jabodetabek - PATRONNEWS

Sunday, October 20, 2019

Bupati Gusmal Silaturahmi dengan Perantau Solok di Jabodetabek

Bupati Gusmal Silaturahmi dengan Perantau Solok di Jabodetabek

JAKARTA - Bupati Solok H. Gusmal, SE, MM Dt. Rajo Lelo menghadiri Silaturahmi Pemkab Solok dengan sekitar seratusan pengurus Ikatan Perantau Kabupaten Solok yang berada di Wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi dan sekitarnya, Sabtu pagi (19/10/2019).

Dalam arahannya, Bupati Gusmal menyampaikan bahwa jalinan komunikasi dan kerjasama antara perantau dan warga Kabupaten Solok di kampung halaman adalah sesuatu yang penting dilakukan karena hal itu akan mempermudah dan memperlancar pembangunan untuk memakmurkan masyarakat baik lahir ataupun batin. Kepada warga Jabodetabek yang berasal dari Kabupaten Solok, Bupati Gusmal yang juga Ketua LKAAM Kabupaten Solok itu berpesan agar ikut berkontribusi bagi pembangunan dimana perantau itu berada.

"Dimana bumi dipijak, di situ langit dijunjung," tegas Bupati Gusmal mengutip falsafah orang Minangkabau.

Menurut Gusmal, perantau Kabupaten Solok yang terhimpun dalam Perkumpulan Keluarga Kabupaten Solok (PKKS) setidaknya memiliki dua fungsi dan peran strategis yang bersamaan yang mesti benar-benar dilakukan seluruh Pengurus PPKS, yaitu pertama, secara internal organisasi PKKS bahwa Pengurus PPKS harus mampu mempertahankan dan meningkatkan kualitas kebersamaan atau jalinan silaturahmi antara sesama masyarakat Kabupaten Solok. Kedua, keluar organisasi, bahwa Pengurus PKKS harus mampu membuktikan bahwa PKKS bukanlah organisasi yang eklusif, namun organisasi yang terbuka.

"Siap dan mampu bersama-sama serta bekerjasama dengan organisasi serupa guna mempercepat keberhasilan pembangunan daerah kita ini," tutup Bupati Gusmal.

Sementara itu, Asisten Koordinator Bidang Pemerintahan Edisar, SH, M.Hum Dt. Manti Basa selaku Ketua Panitia Pelaksana Silaturahmi ini melaporkan bahwa berdasarkan data yang diperoleh, ada 46 Ikatan Perantau Kabupaten Solok yang ada di Wilayah Jabodetabek yang berasal dari 74 Nagari yang berada di Kabupaten Solok.

"Untuk hal itu, maka diperlukan jalinan silaturahmi antara pihak rantau dan pihak kampung halaman," jelas Edisar.

Edisar yang digadang-gadang menjadi Calon Bupati Solok periode 2020-2025 menambahkan bahwa silaturahmi ini bertujuan menumbuhkan rasa kepedulian dan keikutsertaan perantau untuk berpartisipasi, mewujudkan rasa tanggungjawab perantau terhadap pembangunan nagari, dan meningkatkan semangat gotong royong serta memperkuat hubungan kekeluargaan dan jiwa kekerabatan dengan menjunjung tinggi adat istiadat salingka nagari dalam bermasyarakat dan bernagari.

Sebelumnya, ada beberapa sambutan antara lain dari Dr. Lukman Roka, M.Si Ketua Umum Pengurus PKKS Jabodetabek, juga sambutan dari Dewan Pembina PKKS Irjen Pol (Purn) Drs. H. Marwan Paris, MBA, Ketua Pengurus Solok Saiyo Sakato (S3) asal Kabupaten Solok Firdaus Umar dan sambutan dari Jon Firman Pandu Ketua DPRD Kabupaten Solok. Dalam sambutan semuanya, mengharapkan adanya kerjasama perantau dan masyarakat di kampung halaman untuk secara bersama-sama membangun Kabupaten Solok secara ikhlas dan mandiri.

Kegiatan silaturahmi ini diisi dengan dialog interaktif antara Bupati Solok dan Ketua DPRD Kabupaten Solok dengan para perantau yang dimoderatori oleh Dewan Pembina PKKS Irjen Pol (Purn) Marwan Paris. Dan berjalan dengan baik dan lancar.

Silaturahmi ini juga dihadiri oleh Gubernur DKI Jakarta yang diwakili oleh Kepala Badan Kesbangpol, Ketua dan dua Wakil Ketua serta anggota DPRD Kabupaten Solok Jon Firman Pandu, Renaldo Gusmal, SE, Lucky Efendi dan Arlon Sutan Sati.

Juga dihadiri oleh Ketua TP PKK Kabupaten Solok Hj. Desnadefi, SH dan para Kepala SKPD pada lingkup Pemkab Solok, diantaranya Kepala Barenlitbang Syaiful, ST, MT, Kepala Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Drh. Kennedy Hamzah, M.Si, Kepala Dinas DPM PTSP Naker Erizal, SE, MM, Kepala Kantor Kesbangpol Junaidi, S.Sos, Kabag Kerjasama Daerah Setda Devi Pribadi, S.Sos, dan Tenaga Ahli Bupati Solok Asep Ajidin. (PN-003)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 PATRONNEWS | All Right Reserved