Syaiful, ST, MT Dilantik Menjadi Kepala Barenlitbang Kabupaten Solok - PATRONNEWS

Tuesday, September 24, 2019

Syaiful, ST, MT Dilantik Menjadi Kepala Barenlitbang Kabupaten Solok

Syaiful, ST, MT Dilantik Menjadi Kepala Barenlitbang Kabupaten Solok


SOLOK - Bupati Solok Gusmal Dt Rajo Lelo melantik Syaiful, ST, MT sebagai Kepala Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan (Barenlitbang) Kabupaten Solok, di Guest House Arosuka, Senin (23/9/2019). Pelantikan putra Koto Sani, Kecamatan X Koto Singkarak, Kabupaten Solok tersebut, sekaligus mementahkan sejumlah rumor pejabat yang akan memimpin Organisasi Perangkat Daerah (OPD) tersebut. Barenlitbang, yang sebelumnya bernama Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), merupakan OPD yang sangat vital dalam menentukan arah kebijakan dan pembangunan. Sebelumnya, Syaiful merupakan Kepala Administrasi Pembangunan Layanan Pengadaan (APLP) Kabupaten Solok.

Syaiful merupakan salah satu pejabat senior yang menghabiskan seluruh kariernya sebagai PNS di Pemkab Solok. Meski sejak diangkat menjadi PNS sejak tahun 1994, dan berganti sejumlah kepala daerah, Syaiful tak pernah non job, atau "lari" ke daerah lain. Sejumlah jabatan pernah disandangnya di Pemkab Solok, antara lain, Staf di Dinas PPUPR, Kabag pada Sekretariat DPRD, Kabag Umum, Sekretaris Kantor Lingkungan Hidup, Sekretaris Dinas Pertambangan, Sekretaris Badan Pemberdayaan Masyarakat, hingga Sekretaris Bappeda. Syaiful juga sudah merasakan kepemimpinan lima Bupati. Yakni Nurmawan, Gamawan Fauzi-Elfi Sahlan Ben, Gusmal-Desra Ediwan, Syamsu Rahim-Desra Ediwan, dan Gusmal-Yulfadri Nurdin.

Kepala Barenlitbang Kabupaten Solok, Syaiful, ST, MT, didampingi istrinya, Evi Solvia Wahab, S.Sos, bersama Bupati Solok Gusmal, SE, MM, Dt Rajo Lelo dan Ketua TP-PKK Kabupaten Solok Ny. Desnadefi Gusmal, usai pelantikan di Guest House Arosuka, Senin (23/9/2019).

Terkait penunjukan dirinya sebagai Kepala Barenlitbang, Syaiful menyatakan dirinya siap mengemban amanah. Syaiful juga meminta dukungan dari seluruh pihak agar bisa sama-sama bisa membawa efek positif bagi Kabupaten Solok.

"Tentu, saya butuh dukungan dan kerjasama semua pihak, agar tugas saya berjalan lancar demi Kabupaten Solok yang lebih baik. Sebagai pembantu Kepala Daerah, saya intinya siap ditempatkan dimana saja. Karena saya dipercaya sebagai Kepala Barenlitbang, itu merupakan sebuah amanah bagi saya untuk dijalankan," ujarnya.

Ketua DPRD Kabupaten Solok, Jon Firman Pandu, menyambut positif penunjukan Syaiful sebagai Kepala Barenlitbang Kabupaten Solok. JFP optimistis, Syaiful akan memberikan efek positif bagi Kabupaten Solok. Sebagai putra daerah yang menjadi salah satu pejabat senior di Kabupaten Solok, menurut JFP, pengalaman Syaiful akan sangat dibutuhkan.

"Pengalaman Syaiful sangat dibutuhkan untuk membangun Solok. Karena beliau hafal betul seluruh Nagari dan kondisi geografis Kabupaten Solok. Setelah dilantik, kita tentu berharap agar Kepala Barenlitbang bekerja maksimal, karena beliau memiliki wawasan luas dan sudah betul-betul bisa memahami Kabupaten Solok secara utuh," sebut Jon Firman Pandu.

Kepala Barenlitbang Kabupaten Solok, Syaiful, ST, MT, didampingi istrinya, Evi Solvia Wahab, S.Sos.

Dijelaskannya, tugas Barenlitbang menurut Jon Pandu, dibentuk berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Solok Nomor 8 Tahun 2016 adalah membantu Bupati dalam melaksanakan urusan pemerintahan bidang perencanaan dan bidang penelitian dan pengembangan.Tugas tersebut di antaranya adalah menyusunan kebijakan teknis pemerintah di bidang perencanaan dan bidang penelitian dan pengembangan. Kemudian untuk pelaksanaan tugas dukungan teknis dibidang perencanaan dan bidang penelitian dan pengembangan. Kemudian pemantauan, evaluasi, dan pelaporan pelaksanaan tugas dukungan teknis di bidang perencanaan dan bidang penelitian dan pengembangan.

Tugas lain adalah pembinaan teknis penyelenggaraan fungsi-fungsi penunjang urusan pemerintahan daerah di bidang perencanaan dan bidang penelitian dan pengembangan; dan pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Bupati sesuai dengan tugas dan fungsinya.

"Yang tidak kalah penting tugasnya adalah penyusunan program dan anggaran meliputi penyusunan Renstra, Renja dan RKA serta penyelenggaraan administrasi perkantoran yang meliputi ketatausahaan, kepegawaian, rumah tangga, hukum, organisasi dan hubungan masyarakat. Tugas Barenlitbang juga sebagai penyelenggaraan urusan keuangan dan kelengkapan yang meliputi perbendaharaan, pendapatan, pengelolaan barang milik daerah, tindak lanjut hasil pemeriksaan, monitoring dan pelaporan," ungkapnya.

Jon Firman Pandu
Ketua DPRD Kabupaten Solok


Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Solok, Lucki Effendi, menyatakan pihaknya sangat optimistis Syaiful bakal menjadi "koki" hebat di "dapur" Pemkab Solok.

"Barenlitbang merupakan dapurnya Pemkab Solok untuk memasak segala jenis pembangunan. Seorang Kepala koki, Syaiful tentu sudah tahu bumbu apa yang cocok untuk sebuah masakan. Kalau tidak dijamin pelanggan akan kecewa dan dia juga harus tau apa kebutuhan pelanggannya," ungkapnya.

Selain Barenlitbang, saat ini masih ada beberapa Kepala Dinas yang masih kosong, karena pejabatnya juga sudah memasuki masa pensiun. Di antaranya BPBD Kabupaten Solok, Asisten III, Dinas Kesehatan, Dinas DPMN, Kabag Kesra, Kabag Umum dan lainnya. (rijal islamy)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 PATRONNEWS | All Right Reserved