Indonesia Satu-Satunya Wakil Asia Tenggara di Piala Asia U-16 - PATRONNEWS

Thursday, September 26, 2019

Indonesia Satu-Satunya Wakil Asia Tenggara di Piala Asia U-16

Indonesia Satu-Satunya Wakil Asia Tenggara di Piala Asia U-16


JAKARTA - Timnas Indonesia melaju ke putaran final Piala Asia U-16 2020, setelah menyudahi Kualifikasi Piala Asia U1-6 sebagai runner-up Grup G dengan 10 poin. Jumlah angka itu sama seperti China selaku juara grupnya. Garuda Muda cuma kalah selisih gol.

Tiket ke Bahrain pun berhasil didapat Indonesia lewat jalur runner-up terbaik. Indonesia duduk di posisi kedua dari 11 tim runner-up dari masing-masing grup.

Undian fase grup direncanakan pada Maret atau Mei 2020. Indonesia masuk ke pot 2 bersama Australia, Korea Utara, dan Oman.

Di pot 1 ada Bahrain (tuan rumah), Jepang (juara bertahan), Tajikistan (finalis), dan Korea Selatan. Pot 3 diisi oleh India, Iran, Yaman, dan Arab Saudi. China, Uzbekistan, Qatar, dan Uni Emirat Arab ada di pot 4.



Kalah Selisih Gol dari China

Indonesia mengakhiri babak Kualifikasi Piala Asia U-16 dengan berada di peringkat kedua Grup G. Mereka gagal menjadi juara Grup karena pada laga terakhir di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Minggu (22/9/2019), bermain imbang 0-0 dengan China.

Tim Merah Putih mengumpulkan 10 poin dari empat laga lewat torehan tiga kemenangan dan satu hasil imbang. Poin Indonesia ini sama dengan China, namun Negeri Tirai Bambu berhak menjadi juara Grup G karena unggul selisih gol.

China memiliki selisih gol +28 sedangkan Indonesia +26. Meski gagal menjadi juara Grup, Indonesia tetap berhak melaju ke Putaran Final Piala Asia U-16 2020.

Pasukan Bima Sakti dipastikan berlaga di Bahrain tahun sebagai satu dari empat runner-up terbaik pada babak kualifikasi. Tiga negara lainnya adalah Uzbekistan, Yaman dan Oman.

Satu-Satunya dari ASEAN

Timnas Indonesia U-16, menjadi satu-satunya wakil dari Asia Tenggara (ASEAN) yang bakal berlaga di Bahrain.

Jazirah Arab menjadi penyumbang kontestan terbanyak, dengan tujuh tim. Ketujuh tim tersebut adalah tuan rumah Bahrain yang lolos otomatis, lalu Iran, Uni Emirat Arab, Oman, Yaman, Qatar, dan Arab Saudi.

Sementara itu, Asia Timur mengirimkan empat tim. Yakni juara bertahan Jepang, Korea Selatan, Korea Utara, dan China.

Asia Selatan hanya diwakili India. Ditambah satu tim yang baru bergabung di Zona AFC, yakni Australia yang sebelumnya ada di Zona Oceania.

Dua kontestan lainnya bakal diisi negara pecahan Uni Soviet yang bergabung ke Asia. Keduanya adalah Uzbekistan dan Tajikistan. (*/PN-001)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 PATRONNEWS | All Right Reserved