Pelaku Tabrak Lari di Guguak Sarai Ditangkap di Sijunjung - PATRONNEWS

Sunday, August 18, 2019

Pelaku Tabrak Lari di Guguak Sarai Ditangkap di Sijunjung

Pelaku Tabrak Lari di Guguak Sarai Ditangkap di Sijunjung


SOLOK - Kepolisian Resor (Polres) Solok Kota mengungkap kecelakaan lalu lintas (Laka Lantas) yang terjadi di Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum), tepatnya di wilayah Sungai Lasi, Kecamatan IX Koto Sungai Lasi, Kabupaten Solok, Rabu (14/8/2019), sekira pukul 11.00 WIB. Pengungkapan Laka Lantas yang menyebabkan korban tabrakan, Sawirman (65), diungkap dengan memanfaatkan teknologi. Yakni menggunakan rekaman close circuit television (CCTV), dan pemindai lokasi, atau global positioning system (GPS). Kecelakaan yang terjadi di Jalinsum IX Koto Sungai Lasi tersebut melibatkan dua kendaraan. Yakni sebuah mobil pick up jenis Mitsubishi L300 menabrak sebuah sepeda motor. Akibat kecelakaan tersebut, pengendara sepeda motor yang kemudian diidentifikasi bernopol BA 6452 PH, akhirnya tewas. Pengendara mobil pick up L300, bernopol BA 8931 KN, sempat membawa korban ke atas mobilnya dan membawa ke arah wilayah Kota Solok.

Usai kecelakaan, Polres Solok Kota menerima pesan berantai melalui Whatsapp dan memonitor postingan warga di facebook tentang informasi tabrak lari dimana pelaku membawa lari korban dengan menggunakan mobil yang dikendarainya.

Postingan Warga Di Medsos
Menurut informasi tersebut, kecelakaan terjadi di Jalan Lintas Sumatera Kec. IX Koto Sungai Lasi Kab. Solok pada hari Rabu (14/8/2019), pukul 11.00 WIB. Dalam kecelakaan tersebut pelaku tabrak lari menggunakan mobil pick up L300 (BA-8931-KN) menabrak pengendara motor Supra Fit (BA-6452) an. Sawirman (63 tahun) warga Limau Kapeh, Kec. IX Koto Sungai Lasi, lalu mengangkut korban ke atas mobilnya dan membawa lari korban.

Rekaman CCTV
Merespon informasi tersebut, jajaran Polres Solok Kota mendatangi TKP, menggali keterangan saksi dan mengambil rekaman CCTV milik warga di dekat TKP. Berdasarkan informasi saksi-saksi di TKP dan rekaman CCTV menunjukkan bahwa informasi yang beredar melalui Whatsapp dan Facebook tersebut adalah memang benar.
Namun, di TKP, jajaran Polres Solok Kota hanya menemukan motor korban, tidak menemukan korban, pelaku dan kendaraan yang digunakannya. Selanjutnya, jajaran Polres Solok Kota melakukan pengejaran terhadap pelaku tabrak lari, penyisiran di lokasi yang diduga menjadi tempat pelaku meletakkan korban.
Kasat Reskrim IPTU Defrianto S.H. dan Tim Reskrim melakukan pengejaran terhadap pelaku di Kab. Sijunjung. Setelah dibantu oleh personil Polres Sijunjung, akhirnya keluarga pelaku bersedia menyerahkan pelaku untuk dibawa ke Polres Solok Kota bersama barang bukti mobil yang digunakan pelaku saat menabrak korban,  kata Defritanto.
Evakuasi Korban
Mendapat informasi dari Kasat Reskrim, Kasat Lantas IPTU Sugeng Riadi S.H. bersama tim dan warga akhirnya menemukan korban dalam keadaan tidak bernyawa tergeletak di pinggir jalan Nagari Paninjauan, Kec. X Koto Di Atas, Kab. Solok.
Kasat Lantas menjelaskan bahwa pelaku adalah DP (29 Tahun), warga Nan Balimo Kota Solok. Kepada penyidik, pelaku menerangkan bahwa pelaku menabrak korban akibat hilang kendali, setelah menabrak korban, pelaku tadinya hendak membawa korban rumah sakit di Kota Solok, tapi tidak jadi. Selain takut dikeroyok massa juga tidak punya uang untuk biaya pengobatan korban. Pelaku juga sangat menyesali perbuatannya, meminta maaf atas kekhilafannya dan panik tidak tahu harus berbuat apa.

Ucapan Belasungkawa Dan Santunan Korban Laka Lantas Dari Jasa Raharja
Kasat Lantas menerangkan juga bahwa Kanit Laka dan Kepala Jasa Raharja Kota Solok sudah mendatangi rumah korban di Nagari Padusi, Sungai Lasi untuk menyampaikan ucapan belasungkawa dan santunan korban kecelakaan lalu lintas dari Jasa Raharja.
Kapolres Solok Kota AKBP Dony Setiawan Dt Pandeka Rajo Mudo, mengucapkan terima kasih kepada jajarannya yang sudah cepat merespons pengaduan warga. Menurutnya, kesolidan dan saling bantu antar fungsi dan satuan, dalam waktu cepat bisa mengungkap kasus tabrak lari tersebut. 

"Kami juga berterima kasih kepada masyarakat dapat cepat menginformasikan kejadian ini dan bersyukur kecepatan penanganan kasus ini juga mendapat apresiasi dari warga," ujar Kapolres.

Camat IX Koto Sungai Lasi, Reflidon Dt Kayo, menyatakan pihaknya berterima kasih atas respons cepat personel Polres Solok Kota mengungkap peristiwa tersebut. 

"Alhamdulillah kami atas nama pemerintahan kecamatan IX Koto Sungai Lasi mengucapkan terima kasih dan salam hormat atas keberhasilan jajaran Polres dalam memburu pelaku tabrak lari di Limau Kapeh Nagari Guguk Sarai, Salam Santun," ujar Camat IX Kota Sungai Lasi Reflidon Dt Kayo di akun medsos.

Kapolres Dony Setiawan mengingatkan kepada jajarannya untuk tetap mempertahankan kecepatan merespons aduan dari masyarakat sekecil apapun.

"Ini adalah kunci untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat kepada kita," ujar Dony.



Sebelumnya, kecelakaan lalu lintas (Laka Lantas) di Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum), tepatnya di wilayah Sungai Lasi, Kecamatan IX Koto Sungai Lasi, Kabupaten Solok, Rabu (14/8/2019), sekira pukul 11.00 WIB. Pengungkapan Laka Lantas yang menyebabkan korban tabrakan, Sawirman (65), diungkap dengan memanfaatkan teknologi. Yakni menggunakan rekaman close circuit television (CCTV), dan pemindai lokasi, atau global positioning system (GPS). 

Kecelakaan yang terjadi di Jalinsum IX Koto Sungai Lasi tersebut melibatkan dua kendaraan. Yakni sebuah mobil pick up jenis Mitsubishi L300 menabrak sebuah sepeda motor. Akibat kecelakaan tersebut, pengendara sepeda motor yang kemudian diidentifikasi bernopol BA 6452 PH, akhirnya tewas. Pengendara mobil pick up L300, bernopol BA 8931 KN, sempat membawa korban ke atas mobilnya dan membawa ke arah wilayah Kota Solok. 

Kejanggalan pun terjadi, saat korban ternyata tidak dibawa pengendara L300 ke rumah sakit atau Puskesmas terdekat. Belakangan diketahui korban dibawa ke wilayah Nagari Sibarambang, Kecamatan X Koto Diateh dan ditinggalkan di sana. Saat ditemukan personel Polres Solok Kota, Sawirman sudah dalam kondisi tewas.

Kapolres Solok Kota AKBP Dony Setiawan Dt Pandeka Rajo Mudo didampingi Kasat Lantas Iptu Sugeng Riadi dan Kapolsek Sungai Lasi Iptu Edi Yuhendra, menyebutkan pihaknya menggunakan rekaman CCTV dan memindai lokasi pelaku dan korban dengan GPS.

Korban Sawirman (65) merupakan warga Limau Kapeh, Kecamatan IX Koto Sungai Lasi, Kabupaten Solok. Dalam rekaman CCTV, terlihat mobil pick up L300 membawa korban di bagian belakang (bak) mobil. Dalam rekaman CCTV, terlihat jelas nomor polisi mobil berwarna hitam tersebut. (PN-001)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 PATRONNEWS | All Right Reserved