News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Suhatri Bur Melangkah Menuju Periode Kedua

Suhatri Bur Melangkah Menuju Periode Kedua

Setelah mendaftar dan mengembalikan  formulir semua parpol yang terdaftar di DPRD Padang Pariaman, sebagai bakal calon Bupati Padang Pariama periode 2024-2029, maka Suhatri Bur,SE,MM Datuak Putiah kini bersiap melangkah menuju periode kepemimpinan kedua.

Alhamdulillah, periode pertama, 2020-2024, telah berhasil dilalui dengan baik. Angka pertumbuhan ekonomi Padang Pariaman mencapai 6,87 persen. Jauh melebihi angka provinsi, yang hanya 4,38 persen, dan melompati angka pertumbuhan ekonomi secara nasional 5,31 persen.

Lonjakan pertumbuhan ekonomi Padang Pariaman itu, sempat dipujikan Gubernur Sumbar Buya Mahyeldi Ansharulah ketika berkunjung ke Padang Pariaman, beberapa waktu lalu.

"Adalah sebuah prestasi membanggakan bagi Padang Pariaman secara nasional, dan sekaligus menjadi momentum kebangkitan ekonomi Padang Pariaman dibawah kepemimpinan Bupati Suhatri Bur," ujar Gubernur.

Kabupaten Padang Pariaman dibawah duet kepemimpinan Suhatri Bur-Rahmang, selain fokus pada sarana prasarana Infrastruktur, juga melaju dengan sektor pariwisata, UMKM dan Koperasi sebagai upaya membangun ekonomi kerakyatan.

"Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman memberi ruang besar untuk publik, bagi pelaku investasi, pariwisata, UMKM, termasuk kuliner dan perhotelan, sebagai langkah bangkit dan pemulihan ekonomi pasca covid 19," ujar Suhatri Bur, dalam percakapan dengan wartawan.

Langkah lain yang dilakukan, adalah kolaborasi dalam meningkatkan pendapatan masyarakat, guna mengatasi pengangguran dan mengurangi angka kemiskinan.

Adalah program Perisai, mencakup Perikanan, Pertanian dan Pariwisata yang Terintegrasi. Program ini, dengan sasaran, meningkatkan pendapatan petani dan nelayan, disamping membuka sektor lapangan kerja.

"Sebab, salah satu masalah utama di Padang Pariaman adalah upaya penanggulangan kemiskinan dan pengangguran. Inilah solusi, dengan membuka lapangan kerja sebanyak-banyaknya," ungkap Bupati lagi.

Untuk pembangunan infrastruktur, meliputi sektor jalan raya, hampir semua jalan, kabupaten berpenduduk 436.129 jiwa ini, dalam kondisi baik dan mulus. Jalan menjadi urat nadi perekonomian bagi masyarakat. Selain itu pembangunan sejumlah pasar sebagai central ekonomi rakyat. Pasar tradisional namun bernuansa modern. Merupakan sumber PAD, dan untuk pertama kali tahun ini, sejak sepuluh tahun  terakhir  PAD Padang Pariaman mencapai Rp 149 Milyar.

Untuk periode kedua, Suhatri Bur, telah menyiapkan berbagai program strategis, dan berbagai program unggulan, termasuk menyiapkan Rumah Sakit Type D, untuk kawasan utara mencakup Sungai Limau, Sungai Geringging, IV Koto Aur Malintang, serta di wilayah selatan mencakup Lubuk Alung, Batang Anai, dan Sintoga. "Rencana ini sudah disampaikan langsung ke Menkes di Jakarta, Inshaa Allah pak Menkes memberikan respons positif," jelas Suhatri Bur yang sehari-hari juga Ketua DPD PAN Padang Pariaman 

Program besar lain, yang menjadi agenda Padang Pariaman ke depan, adalah mewujukan  Tarokcity, sebagai kawasan pendidikan terbesar di Sumbar. "Sekarang sudah dimulai pembangunan kampus Institut Seni Indonesia (ISI), dan kita mendorong dibangunnya kampus-kampus lain," ungkap Bupati peraih Pembina Terbaik BUMD itu.

Lantas, untuk maju ke priode kedua, dengan siapakah Suhatri Bur berpasangan? Sejumlah bisik-bisik di Padang Pariaman menyebutkan  tiga nama, ada yang menyebut Suhatri Bur-Rahmang, ada yang menyebut Suhatri Bur-Yosdianto Sikumbang, dan ada juga suara-suara Suhatri Bur-dokter Aspinudin.

"Semua masih dalam proses, tunggu saja tanggal mainnya, nanti diumumkan, kita lihat dari hasil survey dulu," ujar Rahman, sekretaris DPD PAN Padangpariaman.

Selamat berjuang Aciak Suhatri Bur.!

Oleh: Wiztian Yoetri, Wartawan Senior

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment