News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Sebuah Refleksi: "Ini akan Berlalu"

Sebuah Refleksi: "Ini akan Berlalu"

Suatu ketika seorang sufi datang kepada seorang raja.

Lalu, sang raja berkata kepada sufi, "Wahai sufi saya tidak kuat mendengar ceramah panjang-panjang. Beri saya nasehat yang cocok digunakan kapanpun dan dimanapun?"

Lalu, sufi menjawab, baik Raja,  saya beri Anda satu kalimat, yang relevan membuat kita tenang dan bahagia, kalimatnya, 'Ini akan berlalu'.

Artinya, ketika mengalami apa saja,kalau sedang senang tidak lupa diri, dan apabila mengalami kesusahan tidak putus asa. Karena, 'ini akan berlalu', ujar sufi itu, seperti diceritakan Filsuf Dr Fakhruddin Faiz dalam sebuah Podcas.

Apabila, kita sedang dapat rezeki banyak, kita sedang excited, jangan lupa bahwa, ini akan berlalu. Dan, sebaliknya bila yang didapat pahitnya, atau  hidup susah, jangan putus asa: Ini juga akan berlalu!

Nasehat sufi terhadap raja, meski hanya satu kalimat, sangat relevan dan bisa menjadi refleksi kekinian di negeri ini. Terutama, bila kita kaitkan dengan mereka, yang berupaya mengejar kekuasaan dan harta kekayaan dengan keserakahan.

Bahwa, kekuasaan maupun harta kekayaan yang kita kuasai, pada hakekatnya hanyalah titipan dari Allah Swt. Janganlah membuat kita sombong, karena ini akan berlalu.

Jabatan dan kekuasaan itu, ada periodesasinya. Setelah periode berakhir, tak bisa diperpanjang lagi. Kita pun akan pensiun, artinya semuanya,  ini akan berlalu.

Untuk itu, apa yang bisa kita bangga-banggakan, semua serba terbatas, dan akan finish seiring dengan usia pensiun. Atau, saat roh berpisah dengan badan, hidup kita pun akan selesai.

Ada empat sebab, menjadi orang sombong, diantaranya kekuasaan, harta, ilmu dan amal sholeh. Kesemuanya ini akan berlalu. Karena tidak ada jaminan keabadian kita miliki selamanya : "Apa yang disisimu akan lenyap, dan apa-apa yang di sisi Allah adalah kekal"- QS.An Nahl ayat 96.

Keangkuhan dan kesombongan, membuat iblis terusir dari surga, jangan sampai kesombongan itu pula menjadi alasan, kita tak dapat mendekati pintu surga.

Orang sombong merasa, semua miliknya, sedangkan orang bertaqwa melihat segala sesuatu adalah milik-Nya.

Sekuat apa pun tenaga dan kekuasaan seseorang, pasti tidak akan mampu menahan laju umurnya." Apa pun bisa saya lawan, kecuali usia," kata penulis yang juga aktivis perempuan Mesir, Nawal El Saadawi. Artinya, kembali ke nasehat seorang sufi, kepada sang raja tadi, bisa jadi pelajaran kehidupan bagi kita, dengan sebuah kalimat inspiratif ; 'Ini akan Berlalu!" (***)

Oleh: Wiztian Yoetri, Wartawan Senior


Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment