News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Peta Politik Pilkada Kabupaten Solok 2024

Peta Politik Pilkada Kabupaten Solok 2024

Sementara sidang di Mahkamah Konstitusi, proses dan tahapan pemilihan kepala daerah terus berjalan. Kabupaten Solok salah satu titik Pilkada yang sepertinya akan berlangsung seru. Apalagi dapat kabar bahwa petahana (incumbent) Bos Chinangkiek Dream Park, Capt. Epyardi Asda, M.Mar, OTEWE Sumbar atau menuju kontestasi BA 1 (Pilgub Sumbar).

Mulailah bermunculan kandidat baru seperti Budi Satriadi (Budi Global), Jon F Pandu, Ismael Koto, Nosa Eka Nanda, Dendi, Ferisnovel dan beberapa nama lagi yang masih malu-malu untuk tampil.

Kalau kita lihat peta kekuatan partai tak satupun yang mampu mengusung sendiri satu pasangan Paslon. Paslon independen pun belum nampak walaupun Buya Hendra Saputra sudah pasang baliho yang dulunya sempat gagal dari jalur independen.

Melihat hasil rekap KPU Kabupaten Solok kemungkinan Partai PAN punya 6 kursi, NasDem 5 kursi, Golkar 5 kursi, PKS 5 kursi, Gerindra 4 kursi, disusul Demokrat 4 kursi, PPP 3 kursi, Hanura 2 kursi dan PDIP 1 kursi.

Dari peta perolehan kursi sementara untuk satu pasangan calon membutuhkan 7 kursi maka kami perkirakan ada 4 paslon yang berpotensi mengusung Paslon di Pilkada November 2024. Berikut perkiraan peta koalisi Parpol :

PAN - PDIP, 

PKS - PPP, 

Golkar - Gerindra - Hanura, 

Nasdem - Demokrat

Tidak tertutup kemungkinan juga hanya ada dua kubu saja jika kandidat Paslon kepala daerah mampu mempersatukan beberapa parpol dalam satu koalisi.

Saya rasa, isu Solok Utara, Solok Tengah dan Solok bagian selatan tak begitu berpengaruh. Yang paling penting adalah Paslon mana yang mampu meraih suara terbanyak.

Mencermati suasana kekinian dimana masyarakat yang sudah semakin cerdas dan begitu cepatnya arus informasi media sosial. Tidak penting lagi putra daerah atau tidak. Yang penting takah, tokoh, dan takiek.

Melihat kosongnya petahana Pilkada kali ini kemungkinan muncul tokoh besar dari kader partai masing-masing.

PKS bisa saja menurunkan kadernya dari DPP PKS. Siapa yang tidak kenal dengan Dr. H. Hermanto, SE ,MM anggota DPR RI tiga periode adalah salah satu nama besar kader PKS. Beliau sudah familiar di masyarakat Kabupaten Solok terutama bidang pertanian dan perikanan.

Begitupun partai lain memiliki tokoh yang sudah punya nama dikancah politik.

Walaupun Gerindra punya kader Nofi Candra yang saat ini dipromosikan jadi bakal calon Walikota Solok, namun mereka masih punya kader terbaik seperti Jon F pandu yang sekarang adalah Wakil Bupati Solok.

Begitupun dengan Kader partai lain seperti PPP, Nasdem dan Golkar yang sudah siap-siap tampil di helatan sekali lima tahun ini. 

Nah, bagaimana selanjutnya kita lihat dan tunggu saja manuver 9 parpol yang ada kursi di DPRD Kabupaten Solok periode 2024-2029 tersebut.

Semoga Pilkada kali ini berjalan lancar aman dan dengan suasana badunsanak. Pilkada ini kita harapkan melahirkan Bupati dan Wakil Bupati yang kompak membuat Kabupaten Solok lebih baik lagi. (***)

Kamis, 28 Maret 2024


Ari Rafika WD, S.Pd.I

Sekretaris DPD PKS Kabupaten Solok

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment