News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Sedimen Saluran Buang Sawah Aro ke Terminal Angkot Tinggi, Wakil Ketua DPRD Tinjau Langsung ke Lapangan

Sedimen Saluran Buang Sawah Aro ke Terminal Angkot Tinggi, Wakil Ketua DPRD Tinjau Langsung ke Lapangan

Sedimen Saluran Buang Sawah Aro ke Terminal Angkot Tinggi, Wakil Ketua DPRD Tinjau Langsung ke Lapangan

PUPR Kota Solok: Kita Akan Carikan Solusinya

SOLOK, PATRONNEWS.CO.ID - Guna meminimalisir terjadinya banjir serta melakukan percepatan langkah untuk mencari solusi akibat tingginya sedimen di dalam saluran buang di sepanjang kawasan Sawah Aro hingga Terminal Angkot Solok, Wakil Ketua DPRD Kota Solok Efriyon Coneng bersama Sekretaris Dinas PU dan Tata Ruang Elyardi, meninjau langsung saluran buang yang terdapat di samping tower Dinas Perhubungan Terminal angkot atau di belakang Masjid Sahara Terminal Angkot Kota Solok, Kamis (1/2/2024).

Wakil Ketua DPRD Kota Solok Efriyon Coneng menjelaskan, kunjungan ke lapangan kali ini bertujuan untuk menyikapi laporan masyarakat RT.03/RW.02 Sawah Aro Kelurahan Pasar Pandan Air Mati, Kecamatan Tanjung Harapan yang mengeluhkan sering terjadinya banjir di lingkungan mereka, sesuai fakta di lapangan memang ditemukan genangan air disepanjang saluran buang tersebut yang tidak mengalir sebagaimana mestinya. Hal tersebut diakibatkan terjadinya penyumbatan saluran oleh tumpukan sampah, tingginya sedimen serta tumpukan material bekas pagar Bioskop Karya Lama.

Lebih lanjut Efriyon Coneng menyebutkan bahwa saluran buang yang kurang terawat tersebut merupakan saluran yang dibangun semenjak masa pendudukan Belanda dan dahulunya saluran irigasi tersebut sangat bersih dari sampah dan airnya mengalir cukup bagus ke hilirnya yaitu di Batang Lembang.

"Namun akibat kurangnya penataan ruang serta lemahnya pengawasan terhadap aturan mendirikan bangunan disepanjang bantaran saluran buang tersebut berakibat aliran air tidak lancar lagi," ungkap Efriyon Coneng.

Efriyon Coneng juga menyebutkan semenjak diberikan Amanah sebagai wakil masyarakat di DPRD Kota Solok sudah lima kali menganggarkan pembuatan saluran drainase di lingkungan Sawah Aro kelurahan Pasar Pandan Air Mati, namun hal tersebut belum dapat dikatakan maksimal lantaran saluran buang tersebut tersumbat. Maka solusi saat ini yaitu meminta kepada Dinas terkait dalam hal ini Dinas PUPR untuk segera memprioritaskan pengerukan sedimen serta membersihkan saluran buang tersebut dari material yang mengakibatkan terjadinya penyumbatan. Jika pengerukan tidak juga dilakukan maka akan dipastikan Kawasan sawah aro akan selalu tergenang oleh banjir disaat musim hujan. 

"Pada waktu musim panas air yang terdapat dalam saluran buang tersebut tidak mengalir sebagaimana mestinya dan tidak tertutup kemungkinan hal tersebut akan menimbulkan dampak buruk terhadap Kesehatan masyarakat sekitar dan menimbulkan aroma tidak sedap terhadap lingkungan,selain itu air yang tergenang akan menimbulkan jentik nyamuk Demam berdarah," ucap Efriyon Coneng.

Ketua RT.03 Idrus Efendi beserta Ketua RW.02 Basral menyebutkan Masyarakat Sawah Aro Kelurahan Pasar Pandan Air Mati sudah lama mengusulkan kepada Pemerintah Daerah terkait saluran buang yang terdapat di RT.02/RW.03 tidak berfungsi yang diakibatkan oleh penyumbatan dan masyarakat selalu mengusulkan pada saat Musrenbang untuk dilakukan pengerukan sendimen disepanjang saluran tersebut namun usulan tersebut tidak pernah terealisasi.

Ketua RT.02/RW.3 juga menyebutkan, salah satu penyebab terjadinya banjir dikawasan Sawah Aro yaitu akibat tidak berfungsinya saluran buang yang berada di Kawasan Sawah Aro hingga samping NC Plaza Pasar Raya Solok. Sehingga ketika musim hujan kawasan sawah aro sudah menjadi langganan banjir dan ketika musim panas air di saluran irigasi tersebut membuat air tergenang ditambah lagi limbah rumah makan serta limbah bengkel motor yang telah menumpuk di dalam saluran tersebut dan tidak jarang ketika musim panas air tergenang membuat aroma tak sedap yang berasal dari genangan air di saluran tersebut.

Masyarakat Sawah Aro juga menyebutkan bahwa untuk pembersihan sendimen yang berada di sepanjang saluran buang tersebut sudah tidak bisa dilakukan dengan cara manual lagi dan harus menggunakan alat berat. Hal tersebut diakibatkan oleh tebalnya sendimen serta banyaknya sedimen bekas pagar Bioskop Karya di Terminal Angkot yang menumpuk di dalam saluran buang tersebut. 

"Masyarakat berharap kepada Pemerintah Daerah untuk membantu perawatan saluran buang tersebut sebagaimana masa Pemerintahan Walikota Solok Yumler Lahar yang selalu dilakukan pembersihan secara rutin sehingga aliran air menjadi lancar dari hulu ke hilir," ungkap Ketua RT.02/RW.03 Sawah Aro.

Sekretaris PUPR, Elyardi menjelaskan, pihaknya akan segera mencarikan solusi untuk dilakukannya pengerukan sendimen saluran buang di Terminal Angkot hingga ke samping NC Plaza. Selain itu nantinya akan dilakukan penghancuran terhadap beton pagar bekas bioskop karya lama disamping tower terminal angkot yang jatuh di tengah-tengah saluran buang tersebut.

"Insyaallah akan segera kita carikan solusinya dan semoga Kawasan Sawah Aro terhindar dari banjir dan air dapat mengalir lancar lagi ke hilirnya di batang lembang," ungkap Elyardi. (PN-001)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment