News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

KPU Kabupaten Solok Distribusikan Logistik Pemilu ke 4 Kecamatan

KPU Kabupaten Solok Distribusikan Logistik Pemilu ke 4 Kecamatan

Surat Suara "Nginap" di Kantor Camat, Kecuali Bukit Sundi dan Lembah Gumanti

SOLOK, PATRONNEWS.CO.ID - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Solok melaksanakan distribusi logistik Pemilu ke Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dari Gudang KPU Kabupaten Solok di Nagari Kotobaru, Minggu (11/2/2024). Pengiriman itu dilakukan oleh Ketua KPU Kabupaten Solok Hasbullah Alqomar, didampingi Komisioner Sio, Defil, Desva Wandri dan Novialdi. Turut hadir Kepala Sekretariat KPU Kabupaten Solok Alizar, Ketua Bawaslu Kabupaten Solok Titony Tanjung, Kabag Ops Polres Solok Kompol Gusdi, Kapolsek Kubung AKP Nafris, Kapolsek Payung Sekaki AKP Azirman, personel Kejari Solok dan insan pers. Di hari perdana pengiriman logistik itu, KPU Kabupaten Solok mengirimkan ke empat kecamatan. Yakni Kecamatan Tigo Lurah, Hiliran Gumanti, Pantai Cermin, dan X Koto Diateh. 

Ketua KPU Kabupaten Solok Hasbullah Alqomar mengatakan logistik Pemilu yang dikirimkan berupa surat suara, kotak suara, alat coblos, tinta, formulir C Hasil, formulir C Salinan dan logistik lainnya. Seluruh logistik itu sudah ada di dalam kotak suara yang tersegel dan dibungkus plastik. 

"Alhamdulillah. Hari ini kita melaksanakan pengiriman perdana logistik Pemilu ke empat kecamatan. Yakni Tigo Lurah, Pantai Cermin, Hiliran Gumanti, dan X Koto Diateh. Kita sengaja melakukan pengiriman lebih dulu ke daerah-daerah terjauh atau daerah pinggiran di Kabupaten Solok. Agar, jika nanti ada kendala, bisa kita tanggulangi dengan segera," ungkapnya. 

Menurut Hasbullah, surat suara yang dikirim tersebut terlebih dulu akan diinapkan di Kantor Camat masing-masing, terkecuali di dua kecamatan, yakni Kecamatan Lembah Gumanti dan Kecamatan Bukit Sundi. Di Kecamatan Lembah Gumanti logistik Pemilu "diinapkan" di Convention Hall Alahan Panjang. Sementara untuk Kecamatan Bukit Sundi, logistik Pemilu "diinapkan" di Aula Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) di Nagari Muaro Paneh.

"Dari Gudang logistik di tingkat kecamatan itu, surat suara akan langsung didistribusikan ke TPS (tempat pemungutan suara) pada satu hari sebelum hari pencoblosan, atau H-1," ungkapnya. 

Di hari kedua, Senin (12/2/2024), KPU Kabupaten Solok akan mengirimkan logistik Pemilu ke lima PPK atau kecamatan. Yakni Payung Sekaki, Lembang Jaya, Danau Kembar, Junjung Sirih, dan Lembah Gumanti. Sementara, di hari ke tiga pada Selasa (13/2/2024), logistik Pemilu dikirimkan ke Kecamatan Kubung, Gunung Talang, Bukit Sundi, X Koto Singkarak dan Kecanatan IX Koto Sungai Lasi. 

Dalam Pemilu 14 Februari 2024 ini, total surat suara untuk Kabupaten Solok berjumlah 1.467.870 surat suara, yang terbagi dalam lima jenis surat suara. Yakni surat suara Pilpres, DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten. Dengan total Daftar Pemilih Tetap (DPT) ditambah Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) dan Daftar Pemilih Khusus (DPK) sebanyak 293.574 orang. 

"Alhamdulillah. Jumlah surat suara sudah lengkap dan cukup dengan kebutuhan. Kita berharap kepada seluruh jajaran penyelenggara, Bawaslu, pers dan stake holder, ikut menyukseskan perhelatan Pemilu 2024 nanti. Demikian juga dengan tingkat partisipasi pemilih," ungkapnya. (PN-001)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment