News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Mira Harmadia, Wajah Baru Kader Partai Dakwah Menggebrak Peta Politik Kota Solok

Mira Harmadia, Wajah Baru Kader Partai Dakwah Menggebrak Peta Politik Kota Solok

Profil Caleg PKS Kota Solok, Mira Harmadia, SS

Wajah Baru Kader Partai Dakwah Menggebrak Peta Politik Kota Solok

Jagat politik Kota Solok, Sumatera Barat, menjadi penuh warna dengan kemunculan wajah-wajah baru yang menjadi calon legislatif (Caleg). Salah satunya, Mira Harmadia, SS, Caleg perempuan nomor urut 6 dari partai dakwah, Partai Keadilan Keadilan Sejahtera (PKS). Bagaimana profil Mira Harmadia?

Laporan RIJAL ISLAMY, Solok

Maju dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dari daerah pemilihan (Dapil) 1 Lubuk Sikarah, Mira Harmadia, SS, memberikan warna baru di kontestasi Pileg DPRD Kota Solok periode 2024-2029. Sejatinya, Caleg perempuan kelahiran 5 Juni 1976 itu, telah lama dikenal di Kota Solok. Namun, bukan sebagai politisi, tapi sebagai pengusaha muda dari keluarga Haji Syafri Debong (HSDB). Keluarga Debong (HSDB), merupakan keluarga pengusaha sukses yang memiliki berbagai jenis usaha di Kota Solok dan beberapa daerah lain di Sumbar. Seperti ekspor manggis, usaha perbengkelan, usaha perdagangan batu hias, pertokoan, pertanian dan berbagai jenis usaha lainnya. 

Momentum Mira Harmadia di kontestasi Pileg DPRD Kota Solok juga terbilang sangat tepat. Pasalnya, Mira tampil saat Anggota DPRD Kota Solok 2019-2024 dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Leo Murphy, SH, MH, tidak ikut berkontestasi. Leo Murphy merupakan sepupu dari Mira Harmadia atau kemenakan dari Haji Syafri Debong. Sehingga, "suara" dari keluarga besar HSDB yang dulu memilih Leo Murphy, akan berpindah ke Mira Harmadia. 

Keuntungan lain, Mira maju di saat Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mengusung Capres-Cawapres Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (AMIN) di Pilpres 14 Februari 2024. Selain itu, PKS merupakan partai pengusung Wako-Wawako Solok Zul Elfian dan Ramadhani Kirana Putra dan memiliki Ketua DPD PKS Sumbar yang menjadi Gubernur Sumbar saat ini, Mahyeldi Ansharullah. Alhasil, perjuangan Mira Harmadia untuk melaju ke DPRD Kota Solok 2024-2029, tidak akan "sesulit" perjuangan Leo Murphy yang maju dari PDI Perjuangan di 2019 lalu.

Dari hasil prediksi patronnews.co.id, satu bulan sebelum Pileg 2024, nama Mira Harmadia bersaing ketat dengan incumbent (petahana) Taufiq Nizam. Namun, PKS di Dapil Lubuk Sikarah diprediksi bakal meraih dua kursi, karena komposisi Caleg-Calegnya dinilai sangat mumpuni. Seperti incumbent Taufiq Nizam (1), mantan Anggota DPRD Kota Solok tiga periode Ilzan Sumarta (2), mantan Ketua PGRI Misran (7), Bendahara DPC PKS Kota Solok Suyono (4), Weldas Efendi (10), Alfat Tajri, Indra (8), Setia Nur Indah (9), Leny Novita (3) dan Mira Harmadia (6). 

Menjadi Caleg, Tidak Menepikan Keluarga

Menjadi Caleg, tentu saja membuat Mira Harmadia terbilang cukup sibuk. Apalagi mendekati waktu Pileg yang tinggal hitungan hari. Bertemu dengan masyarakat, sosialisasi dan koordinasi tentunya sangat menyita waktu dan tenaga. Tak jarang keluarga terkena dampaknya. Mungkin kurang bercengkerama dengan keluarga, tidak sempat mendengarkan curhatan suami atau anak-anak. Tetapi, hal itu tidak berlaku  dengan caleg PKS yang satu ini. Mira Harmadia mengaku, tetap bisa menjaga dan menjalankan perannya sebagai seorang istri dan ibu dari 8 anaknya. Demikian juga dengan mengatur dan memenej berbagai bisnis yang dijalaninya.

"Alhamdulillah tetap ada waktu bersama anak-anak, baik dengan yang tertua yang sedang kuliah, anak-anak yang sedang sekolah, di pondok pesantren, hingga si kecil yang baru berusia 1 tahun. Demikian juga halnya dengan suami. Kami tetap berkomunikasi dengan baik dan berbagi tugas. Terkadang, ketika saya melakukan sosialisasi ke masyarakat maka suami stand by di kedai, demikian juga sebaliknya ketika suami pergi maka saya yang akan stand by," ungkap Istri dari Zoni Ikhro Desvira, ST, Alumni Teknik Sipil Universitas Andalas, yang juga Owner "Perdana Ban" Solok. 

Mira menjelaskan, bahwa dirinya maju dalam kontestasi Pileg atas izin, dorongan dan restu sang suami dengan harapan dapat berbuat banyak kebaikan dan memberikan kontribusi manfaat bagi warga Kota Solok.

Mira juga mengatakan, anak tertua, saat ini tengah dibimbing menjalankan bisnis di bidang transportasi. Yakni bisnis ekspedisi antar provinsi, dan bisnis travel pariwisata yang baru di launching dengan nama FIFAFEL Travel. Sedangkan anak-anak yang lainnya ada yang tengah kuliah di Bandung, Kota Padang dan ada juga yang masih sekolah di Pondok Pesantren.  

"Menjadi Caleg, bukan berarti mengesampingkan keluarga. Menjadi Caleg perempuan dari Partai Dakwah, PKS, kita tetap harus menjalankan fitrah peran sebagai seorang ibu dan istri," ujarnya. (***)


BIODATA

Nama : Mira Harmadia, SS

Tempat/Tanggal Lahir : Solok, 5 Juni 1976

Riwayat Pendidikan

- SDN 05 Benteng Kota Solok

- SMPN 1 Kota Solok

- SMAN 1 Kota Solok

- Jurusan Bahasa Inggris, Fakultas Sastra, Universitas Bung Hatta.

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment