News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Terjebak Erupsi Marapi, 11 Pendaki Ditemukan Meninggal Dunia

Terjebak Erupsi Marapi, 11 Pendaki Ditemukan Meninggal Dunia

PADANG PANJANG, PATRONNEWS.CO.ID - Tim Search and Rescue (SAR) gabungan menemukan 14 pendaki Gunung Marapi, Senin (4/12/2023). Kondisinya, 11 orang dalam keadaan meninggal dunia, dan 3 orang selamat. Kepala Kantor SAR Kelas A Padang, Abdul Malik mengatakan, saat ini survivor dimaksud dalam proses evakuasi dari puncak menuju pos.

"Tim gabungan berhasil menemukan 3 orang selamat dan 11 orang dalam keadaan mac delta (meninggal dunia). Evakuasi ke bawah sedang dilakukan," kata Abdul Malik.

Secara keseluruhan, Abdul Malik menjelaskan, jumlah pendaki yang terjebak di jalur pendakian saat erupsi Marapi pada Minggu 3 Desember 2023 sebanyak 75 orang sesuai data dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumatera Barat. Melalui upaya evakuasi di hari pertama, berhasil diturunkan 49 orang. Dari jumlah itu, 7 di antaranya mengalami luka bakar dan harus dirawat di rumah sakit.

"Yang mengalami luka dirujuk ke rumah sakit di Kota Padang Panjang dan Bukittinggi. Sementara yang sehat sudah pulang ke rumah masing-masing," ucapnya.

Sementara pada evakuasi hari kedua, Senin 4 Desember ditemukan 14 orang pendaki. Tercatat 11 orang meninggal dunia, dan 3 orang selamat. Dengan demikian, saat ini masih terdapat 12  survivor yang masih dalam pencarian. (*/PN-001)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment