News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Marapi Kembali Erupsi, Bandara Internasional Minangkabau Ditutup

Marapi Kembali Erupsi, Bandara Internasional Minangkabau Ditutup

PADANG, PATRONNEWS.CO.ID - Gunung Marapi di Kabupaten Tanah Datar, dilaporkan kembali mengalami erupsi pada Jumat (22/12/2023) siang. Executive General Manager (EGM) Bandara Internasional Minangkabau (BIM), Indrawansyah, mengatakan abu dari Gunung Marapi telah sampai ke Bandara Internasional Minangkabau (BIM) di Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar). Pengaruh abu tersebut, membuat Bandara Internasional Minangkabau (BIM) ditutup sejak pukul 16.00 WIB hari Jumat (22/12/2023), hingga batas waktu yang tidak ditentukan. 

"Iya, (BIM ditutup sementawa waktu) mulai hari ini (Jumat, 22/12/2023) pukul 16.00 WIB, sampai batas waktu yang belum ditentukan, kami menunggu sampai keluar info lanjutan dari BMKG," katanya.

Sementara itu, Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kelas II Minangkabau, Desindra Deddy Kurniawan mengatakan, hasil dari observasi pihaknya, debu sudah masuk ke kawasan BIM.

Obeservasi BMKG BIM (dilakukan via) paper test, debu sudah sampai di Bandara," katanya.

Sebelumnya, data dari Pos Pengamatan Gunung Api (PGA) Marapi disebutkan bahwa Gunung Marapi kembali mengalami erupsi pada Jumat (22/12/2023) pukul 12.19 WIB dengan tinggi kolom abu tidak teramati.

"Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 30 MM dan durasi sementara ini lebih kurang 1 menit 2 detik. Erupsi masih berlangsung saat laporan sedang dibuat,” tulis Pos PGA. (*/PN-001)

Sumber: radarsumbar

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment