News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Goro dengan Masyarakat Kajai, Kotobaru, Gusmal Jawab Kerinduan Masyarakat

Goro dengan Masyarakat Kajai, Kotobaru, Gusmal Jawab Kerinduan Masyarakat

SOLOK, PATRONNEWS.CO.ID - Calon Anggota DPR RI Dapil Sumbar 1, H. Dr. Gusmal, SE, MM Dt Rajo Lelo, menghadiri gotong royong pembuatan lapangan bolavoli, futsal, sepak takraw dan senam sehat di Korong Kajai, Jorong Kajai, Nagari Kotobaru, Kecamatan Kubung, Kabupaten Solok, Sabtu dan Minggu (14-15/10/2023). Selama dua hari berturut-turut tersebut, Gusmal disambut dengan penuh antusias oleh pemuda, emak-emak dan masyarakat sekitar. Kehadiran Gusmal tersebut juga menjawab kerinduan masyarakat tentang sosok kharismatik yang dua periode menjadi Bupati Solok (2005-2010, 2016-2021) tersebut.

Kedatangan Gusmal di Korong Kajai pada Sabtu (14/10/2023) dimanfaatkan untuk menyapa masyarakat, pemuda dan emak-emak yang membangun lapangan olahraga, setelah sekira dua tahun tidak lagi menjabat sebagai Bupati Solok. Sebelum pulang, Gusmal menyempatkan untuk memesan makanan kesukaannya ke emak-emak yang hadir menyediakan makan siang di lokasi. Yakni gulai rimbang dengan pucuk ubi yang dipadu dengan ikan teri dan cabe hijau, serta akan kembali esok harinya. 

Keesokan harinya, pada Minggu (15/10/2023), Gusmal sengaja datang lebih pagi bersama rombongannya dan menyaksikan sendiri pemasangan baliho dirinya di lokasi. Di sela-sela kegiatan gotong royong itu, masyarakat juga memanfaatkan momen itu untuk bercengkrama dan mengenang memori-memori lama saat Gusmal masih menjadi Bupati Solok. Baik di periode pertama pada 2005-2010, maupun di periode kedua pada 2016-2021. Bahkan, Gusmal juga diingatkan tentang memori saat dirinya rangkap jabatan sebagai Camat Kubung saat menjabat sebagai Sekda Kabupaten Solok di awal tahun 2000-an.

"Puluhan tahun menjadi ASN (pegawai) di Kabupaten Solok dan 10 tahun menjadi Bupati Solok, saya merasakan betul gerak langkah dan harapan masyarakat. Sebagai daerah yang sangat terkenal dengan kesantunan, keramahan dan semangat bergotong-royong yang tinggi, Kabupaten Solok adalah daerah yang sangat nyaman untuk ditempati. Baik oleh masyarakatnya, maupun oleh ASN dan pegawai dari instansi vertikal yang berasal dari berbagai daerah di Sumbar dan daerah lainnya di Indonesia. Tentu saja, hal ini ke depannya harus terus kita tingkatkan," ujarnya. 

Kepada masyarakat, Gusmal juga menyampaikan visi dan misinya maju ke DPR RI pada Pileg 2024 mendatang. Salah satunya dengan memilih wakil-wakil rakyat yang memiliki kapasitas dan kompetensi cukup untuk memperjuangkan aspirasi masyarakat. Baik untuk DPRD Kabupaten Solok, DPRD Sumbar, maupun DPR RI. Demikian juga dengan calon-calon senator (DPD RI) yang akan memperjuangkan aspirasi dan kepentingan daerah.

"Jangan terpengaruh money politics (politik uang) ataupun janji-janji manis. Tapi percayakan aspirasi kepada orang-orang yang memiliki kapasitas dan kompetensi. Sehingga, saat mereka terpilih, mereka tetap dekat dengan masyarakat dan tidak lupa dengan masyarakat yang telah memilihnya," ujarnya. 

Gusmal juga mengingatkan agar masyarakat tetap menjaga optimisme tinggi menjalani kehidupan dan bersabar serta tawakkal dengan berbagai hambatan yang menghadang. Menurutnya, masyarakat Kabupaten Solok maupun daerah-daerah lainnya di Sumbat, memiliki karakter kuat dan egaliter. Sehingga, seberat apapun terpaan masalah, selalu ada solusi atau penyelesaian masalah di baliknya.

"Berulang kali kita dihantam badai masalah, tapi sebanyak itu pula kita membuktikan bahwa kita mampu bertahan dan bangkit. Ini adalah karakter kuat yang kita miliki," ungkapnya. 

Gusmal juga memohon doa dan dukungan kepada seluruh masyarakat Kabupaten Solok dan Sumbar untuk maju di kontestasi Pileg DPR RI 2024 dengan Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dengan nomor urut 1. Gusmal juga mengatakan bahwa keputusannya maju di Pileg DPR RI ditujukan sebagai bentuk mensyukuri nikmat Allah SWT. Karena di umurnya yang tak lagi muda, dirinya masih dikaruniai kekuatan fisik dan fikiran yang sangat baik.

"Soal terpilih atau tidak terpilih tergantung takdir Allah SWT. Namun, kita wajib berikhtiar atau berusaha dengan segenap kemampuan. Sesuai dengan tagline kita; Bergerak Bersama Masyarakat (BBM)," ujarnya. 

Sekilas H. Dr. Gusmal, SE, MM Dt Rajo Lelo

Selama ini, H. Dr. Gusmal, SE, MM Dt Rajo Lelo, dikenal dengan kesantunan dan daya ingatnya yang luar biasa terhadap orang yang pernah dikenalnya. Gusmal sebelumnya juga menjadi "Role model" (panutan) bagi pegawai di birokrasi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Solok, dan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemda lainnya.

Pria kelahiran 22 Juni 1954 itu, memulai karier birokratnya dari bawah. Mulai dari staf, Kasi, Kasubag, Kabag, Camat, Kepala Dinas, Kepala Bappeda, hingga puncaknya menjadi Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Solok.

Dari perjalanan sekira 20 tahun menjadi birokrat di Kabupaten Solok, Gusmal Datuak Rajo Lelo dikenal sangat dekat dan menjadi kesayangan bagi siapapun, baik bawahan, rekan, atasan, maupun masyarakat. Terbukti, memilih pensiun di tahun 2005 untuk mencalonkan diri sebagai Bupati Solok, Gusmal dengan mulus terpilih bersama Wakilnya Desra Ediwan Anantanur. Gusmal-Desra tercatat dalam sejarah sebagai Bupati dan Wabup Solok pertama yang terpilih melalui pemilihan langsung oleh rakyat. 

Pada Pilkada 2010, Gusmal yang berpasangan dengan Edi Erizon (kakak kandung Bupati Solok Epyardi Asda), harus menerima kenyataan pahit karena kalah tipis dari Walikota Solok Syamsu Rahim yang berpasangan dengan Desra Ediwan Anantanur. Semakin pahit, karena setahun berselang, Gusmal menjadi pesakitan di meja hijau karena didakwa dalam kasus korupsi penjualan tanah negara di Bukit Bekicot, Kecamatan Gunung Talang. Kasus ini berawal saat ada warga yang menjual tanah, dan peran Gusmal yang saat itu adalah Bupati Solok, dianggap memberi rekomendasi penjualan tanah tersebut. Meski terus membela diri dengan fakta-fakta dan argumen, namun diduga karena kuatnya tekanan dari lawan-lawan politik, Gusmal tetap divonis bersalah dan menjalani hukuman di Lapas Muaro Padang. 

Di Pilkada 2015, saat Gusmal sudah beberapa tahun selesai menjalani hukuman, Gusmal yang awalnya enggan maju, terus didesak maju oleh berbagai elemen masyarakat. Apalagi, mayoritas masyarakat Kabupaten Solok tidak percaya Gusmal sebagai koruptor, karena tidak sepeserpun ada aliran dana ke dirinya, dan menganggap ada orang-orang yang ingin menzaliminya. 

Singkat cerita, Gusmal yang berpasangan dengan Yulfadri Nurdin, sukses membuktikan dirinya "tidak bersalah" di alam fikiran masyarakat Kabupaten Solok. Gusmal-Yulfadri sukses mengungguli Desra Ediwan Anatanur-Bachtul dan Agus Syahdeman-Wahidup. 

Di Pileg DPR RI 2024, Gusmal maju dengan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dengan nomor urut 1. Dapil Sumbar 1 meliputi Kota Padang, Kabupaten Pesisir Selatan, Kabupaten Kepulauan Mentawai, Kabupaten Solok, Kota Solok, Kabupaten Solok Selatan, Kabupaten Sijunjung, Kota Sawahlunto, Kabupaten Dharmasraya, Kabupaten Tanah Datar dan Kota Padang Panjang. (PN-001)



Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment