News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Maju ke Pileg DPR RI, Dukungan ke Gusmal Dt Rajo Lelo Terus Mengalir

Maju ke Pileg DPR RI, Dukungan ke Gusmal Dt Rajo Lelo Terus Mengalir

SOLOK, PATRONNEWS.CO.ID - Dukungan terus mengalir ke Mantan Bupati Solok dua periode (2005-2010, 2016-2021) H. Dr. Gusmal, SE, MM Dt Rajo Lelo yang maju menjadi Bakal Calon Legislatif DPR RI dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) untuk daerah pemilihan (Dapil) Sumbar 1. Dengan mengusung tagline "Insyaallah Menjemput Kemenangan, dan Bergerak Bersama Masyarakat", dukungan demi dukungan dari masyarakat Sumatera Barat (Sumbar) terus berdatangan. 

Hal itu salah satunya dilakukan oleh barisan relawan yang menamakan dirinya; "Dunsanak Gusmal" di Jorong Kayu Jao Nagari Batang Barus, Kecamatan Gunung Talang Kabupaten Solok, Selasa (5/9/2023). Dimana tokoh dan masyarakat setempat bersilaturahmi dengan Gusmal Datuak Rajo Lelo guna saling berbagi informasi, sekaligus mendukung pergerakan untuk menuju Senayan.

Kerinduan masyarakat terhadap sosok pemimpin atau orang tua yang santun, yang tidak pernah lupa pada masyarakat yang pernah bersilaturrahmi (Bersua) dengannya, menjadi jembatan hati yang terus dirawat dalam mendapatkan keridhaan illahi.

Berbekal permintaan tokoh-tokoh Sumbar, ditambah dengan dorongan kuat masyarakat Solok mantan Bupati Solok dua periode (2005-2010 dan 2016-2021), H. Dr Gusmal, SE, MM Dt Rajo Lelo semakin optimistis untuk maju ke Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) pada Pileg 2024 mendatang.

Selama ini, H. Dr. Gusmal, SE, MM Dt Rajo Lelo, dikenal dengan kesantunan dan daya ingatnya yang luar biasa terhadap orang yang sempat dikenalnya. Gusmal sebelumnya juga menjadi "Role model" (panutan) bagi pegawai di birokrasi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Solok, dan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemda daerah lainnya.

Pria kelahiran 22 Juni 1954 itu, memulai karier birokratnya dari bawah. Mulai dari staf, Kasi, Kasubag, Kabag, Camat, Kepala Dinas, Kepala Bappeda, hingga puncaknya menjadi Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Solok.

Dari perjalanan sekira 20 tahun menjadi birokrat di Kabupaten Solok, Gusmal Datuak Rajo Lelo dikenal sangat dekat dan menjadi kesayangan bagi siapapun, baik bawahan, rekan, atasan, maupun masyarakat. Terbukti, memilih pensiun di tahun 2005 untuk mencalonkan diri sebagai Bupati Solok, Gusmal dengan mulus terpilih bersama Wakilnya Desra Ediwan Anantanur. Gusmal-Desra tercatat dalam sejarah sebagai Bupati dan Wabup Solok pertama yang terpilih melalui pemilihan langsung oleh rakyat. 

Pada Pilkada 2010, Gusmal yang berpasangan dengan Edi Erizon (kakak kandung Bupati Solok Epyardi Asda), harus menerima kenyataan pahit karena kalah tipis dari Walikota Solok Syamsu Rahim yang berpasangan dengan Desra Ediwan Anantanur. Semakin pahit, karena setahun berselang, Gusmal menjadi pesakitan di meja hijau karena didakwa dalam kasus korupsi penjualan tanah negara di Bukit Bekicot, Kecamatan Gunung Talang. Kasus ini berawal saat ada warga yang menjual tanah, dan peran Gusmal yang saat itu adalah Bupati Solok, dianggap memberi rekomendasi penjualan tanah tersebut. Meski terus membela diri, Gusmal tetap divonis bersalah dan menjalani hukuman di Lapas Muaro Padang. 

Di Pilkada 2015, saat Gusmal sudah beberapa tahun selesai menjalani hukuman, Gusmal yang awalnya enggan maju, terus didesak maju oleh berbagai elemen masyarakat. Apalagi, mayoritas masyarakat Kabupaten Solok tidak percaya Gusmal sebagai koruptor, karena tidak sepeserpun ada aliran dana ke dirinya, dan menganggap ada orang-orang yang ingin menzaliminya. 

Singkat cerita, Gusmal yang berpasangan dengan Yulfadri Nurdin, sukses membuktikan dirinya "tidak bersalah" di alam fikiran masyarakat Kabupaten Solok. Gusmal-Yulfadri sukses mengungguli Desra Ediwan Anatanur-Bachtul dan Agus Syahdeman-Wahidup. 

Di Pileg DPR RI 2024, Gusmal maju dengan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dengan nomor urut 1. Dapil Sumbar 1 meliputi Kota Padang, Kabupaten Pesisir Selatan, Kabupaten Kepulauan Mentawai, Kabupaten Solok, Kota Solok, Kabupaten Solok Selatan, Kabupaten Sijunjung, Kota Sawahlunto, Kabupaten Dharmasraya, Kabupaten Tanah Datar dan Kota Padang Panjang. (PN-001)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment