News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

DPD Partai Demokrat Sumbar Perintahkan Hapus Gambar Anies Baswedan di Spanduk Calegnya

DPD Partai Demokrat Sumbar Perintahkan Hapus Gambar Anies Baswedan di Spanduk Calegnya

JAKARTA, PATRONNEWS.CO.ID - Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat Sumatera Barat  memerintahkan kadernya untuk menhapus embel-embel dukungan terhadap Anies Baswedan dalam spanduk, baliho atau atribut sosialisasi Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Hal tersebut dilakukan karena Anies mendeklarasikan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar sebagai pendampingnya pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. 

Kepala Badan Komunikasi Strategis (Bakomstra) DPD Partai Demokrat Ari Prima menyebutkan, perintah tersebut sudah diberikan sejak keluarnya parta mereka dari Koalisi Perubahan pada Senin 4 September 2023.

"Saat Partai Demokrat mencabut dukungannya, semua atribut Anies langsung diturunkan," katanya. "Pencabutan ini baik di media sosial, spanduk, baliho dan atribut lainya bagi seluruh kader Demokrat," saat diwawancarai Tempo pada Rabu, 6 September 2023.

Dia menegaskan, perintah Dewan Pimpinan Pusat (DPP) adalah segala sesuatu yang ada gambar ataupun embel-embel Anies Baswedan dihilangkan. Caranya bisa diturunkan, dirobek ataupun dicoret menggunakan cat.

"Pokoknya gambar Anies harus dihilangkan," ucapnya.

Ari melanjutkan, perintah ini sebenarnya sudah ada sejak isu Anies Baswedan menggandeng Muhaimin Iskandar jadi Cawapresnya pada Rabu 30 Agustus 2023.

"Saat isu tersebut bergulir, sudah ada perintah penurunan baliho Anies. Perintah tersebut disampaikan DPP Demokrat berupa instruksi secara lisan," katanya.

Kemudian, DPD Demokrat Sumbar sedang menunggu instruksi selanjutnya, pasca pencabutan dukungan terhadap Anies Baswedan.

"Kami tegak lurus terhadap keputusan DPP. Apapun itu DPD Demokrat Sumbar siap mendukung dan mensukseskannya," ucap Ari.

Sementara itu, dari pantauan Tempo pada Senin 4 September 2023 masih ada foto Anies Baswedan di spanduk Calon Legislatif (Caleg) Partai Demokrat Sumbar. Spanduk itu terpampang di depan ZHM Hotel Premiere Padang di Jalan Sudirman dan juga di Jalan Kesatria, Kota Padang.

Partai Demokrat resmi menyatakan keluar dari Koalisi Perubahan dan mencabut dukungan terhadap Anies Baswedan pada Jumat, 1 September 2023. Mereka keluar setelah menilai Anies dan Partai NasDem tak menepati kesepakatan yang telah mereka buat saat menandatangani Piagam Koalisi Perubahan. Selain itu, Demokrat juga kecewa karena Anies tak menepati janjinya untuk menjadikan ketua umum mereka, Agus Harimurti Yudhoyono alias AHY sebagai bakal calon wakil presiden. (*/PN-001)

Sumber: tempo.co

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment