News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Bunga Bangkai Setinggi 2,55 Meter Mekar Sempurna di Palupuh, Agam

Bunga Bangkai Setinggi 2,55 Meter Mekar Sempurna di Palupuh, Agam

LUBUK BASUNG, PATRONNEWS.CO.ID - Bunga bangkai (Amorphophallus Titanum) setinggi 2,55 meter dan keliling 1,95 meter, mekar sempurna di Jorong Sitingkai, Nagari Koto Rantang, Kecamatan Palupuh, Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Bunga langka ini diprediksi akan mekar selama dua hingga tiga hari ke depan setelah mencapai fase puncak mekar pada Minggu, 11 Juni 2023.

Bunga bangkai akan mengalami dua fase, yaitu fase vegetatif dan fase generatif. Fase vegetatif berlangsung selama dua tahun dengan tumbuhnya batang dan daun, sedangkan fase generatif adalah saat bunga bangkai mekar selama 7-10 hari.

Ini bukanlah kali pertama bunga bangkai mekar di daerah tersebut. Sejak awal tahun 2023, sudah enam bunga bangkai yang mekar di sekitar Jorong Sitingkai, Nagari Koto Rantang. Pada bulan Januari, dua bunga mekar, diikuti dengan dua lagi pada bulan Maret, dan dua bunga mekar pada bulan Mei. Namun, bunga bangkai yang mekar kali ini adalah yang tertinggi sepanjang tahun 2023. Sebelumnya, pada Desember 2022, pernah ada bunga bangkai setinggi 4,49 meter.

Hingga kini, belum ada kunjungan wisatawan lokal untuk melihat langsung bunga tersebut karena baru diketahui sejak Minggu, 11 Juni 2023. Kepala Resort BKSDA Maninjau, Rusdiyan Ritonga mengimbau masyarakat agar menjaga dan melestarikan kekayaan hayati bangsa Indonesia ini. (PN-001)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment