News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Athari Gauthi Ardi Realisasikan Janjinya ke Masyarakat Kota Solok

Athari Gauthi Ardi Realisasikan Janjinya ke Masyarakat Kota Solok

SOLOK, PATRONNEWS.CO.ID - Anggota DPR RI asal Sumbar dari Partai Amanat Nasional (PAN), Athari Gauthi Ardi, membuktikan janjinya ke masyarakat Kota Solok. Meski sebelumnya Athari sudah dikenal karena membawa program Normalisasi Batang Lembang ke Kota Solok, namun mega proyek itu dinilai belum begitu menyentuh rakyat kelas bawah. Di tahun 2023 ini, kiprah Athari Gauthi Ardi, benar-benar dirasakan langsung oleh rakyat jelata di Kota Solok. Bahkan, masyarakat yang menerima program pokok pikiran (Pokir) Athari tersebut, mayoritas rakyat kelas bawah dengan status miskin ekstrem. 

Tahun Anggaran 2023 ini, merupakan kali pertama Athari Gauthi Ardi "menyentuh" langsung masyarakat Kota Solok dengan program Pokir-nya. Meski perdana, jumlah program yang dibawanya ke Kota Solok sangat luar biasa. Yakni program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) sebanyak 135 rumah warga kurang mampu, yang lebih dikenal dengan bedah rumah. Kemudian program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI) sebanyak 20 titik, yang akrab dikenal sebagai perbaikan dan pembangunan irigasi untuk pertanian. Lalu, program bantuan Sanitasi Masyarakat (Sanimas), sebanyak 70 unit berupa pembangunan WC berikut salurannya yang memenuhi standar kesehatan. 

Selain menyentuh langsung ke masyarakat dan manfaatnya langsung dirasakan, adanya program-program Pokir Athari ini, juga memberikan multiplier effect kepada masyarakat lainnya. Yakni, terbukanya lapangan pekerjaan bagi masyarakat Kota Solok yang bermata pencaharian sebagai buruh bangunan, tukang, penyedia bahan bangunan, dan masyarakat lainnya. Setidaknya, di setiap program itu ada sekira ada 20 keluarga yang "dapurnya tetap berasap".

Salah satu warga yang mendapatkan bantuan BSPS, Ismail, mengaku dirinya sempat tidak yakin apakah program ini benar-benar ada. Ismail mengaku, sebelumnya, dirinya bersama warga lainnya, sudah seringkali dijanjikan program bedah rumah tersebut. Namun, ternyata janji-janji itu adalah janji kosong semata. Bahkan, sudah begitu banyak dirinya memfotokopi KTP, KK, dan berbagai dokumen, namun hasilnya hanya sebatas angan. 

"Apa lagi yang mesti saya katakan, selain ucapan terima kasih yang tak terhingga ke Buk Athari Gauthi Ardi. Kami sudah begitu sering dijanjikan oleh yang lain dan hasilnya kosong. Saat tim dari DPD PAN Kota Solok mendatangi saya, jujur saja, awalnya saya agak ragu. Tapi saat disebut program ini dibawa Buk Athari, baru saya percaya. Karena di daerah lain, saya juga banyak mendengarnya. Ternyata, terbukti bahwa dengan program itu, rumah kami yang sebelumnya tidak layak huni, akhirnya bisa layak huni dan sehat," ujarnya polos. 

Saat pekerjaannya dimulai, Ismail mengaku dirinya dan keluarga lainnya, melakukan gotong-royong dengan kerabat lainnya. Sehingga, dengan nilai bahan bangunan yang sama, bagian-bagian rumahnya yang direnovasi lebih banyak. 

"Kami, bersama keluarga dan kaum kerabat lainnya, senantiasa berupaya dan berdoa agar Buk Athari bisa terpilih lagi di 2024-2029. Sehingga, semakin banyak lagi masyarakat yang terbantu dengan keberadaan beliau di DPR RI. Yang jelas, beliau telah memberikan bukti nyata ke masyarakat, bukan janji-janji," ungkapnya. 

Sementara itu, Ketua DPD PAN Kota Solok, Yutris Can, saat meninjau dan melihat langsung sejauh mana pengerjaan penerima manfaat dari Program P3TGAI serta Program BSPS di sejumlah titik di Kota Solok pada Kamis (15/6/2023), mengaku sangat antusias dengan progress (kemajuan) yang ada. Ketua DPRD Kota Solok tiga periode (2009-2014, 2014-2019, 2019-2021) tersebut mengungkapkan selama dirinya menjadi pimpinan DPRD, baru kali ini ada program sebesar ini yang menyentuh langsung masyarakat di Kota Solok. Sehingga, Yutris Can menyebut ini adalah berkah dari Allah bagi masyarakat Kota Solok. 

"Dulu, saat saya di legislatif, bersama pihak eksekutif, senantiasa mencari jalan dan saluran agar program-program nasional itu bisa ke Kota Solok. Namun, hasilnya tak sesuai harapan kita. Tapi, kini program-program nasional itu justru mengalir dengan deras ke Kota Solok. Tentu, ini adalah berkah dan rahmat dari Allah melalui 'tangan' Buk Athari Gauthi Ardi. Allah lah yang telah 'melunakkan hati' Buk Athari, sehingga beliau mau 'membagi' programnya ke masyarakat Kota Solok. Kini, tentu semua terpulang kepada kita, masyarakat Kota Solok, bagaimana membalas 'kebaikan' beliau tersebut," ungkapnya. 

Yutris Can juga menegaskan, pihaknya senantiasa mewanti-wanti pihak-pihak yang terlibat di program ini untuk bekerja lurus dan penuh dedikasi. Baik dalam hal pengerjaan, administrasi dan jangan ada yang berniat "bermain" atau memasukkan kepentingan dan keuntungan pribadi dalam program-program tersebut. Sehingga menurutnya, jika program-program ini sukses, maka akan berkelanjutan di masa mendatang. Serta akan banyak lagi program-program nasional yang akan tiba di Kota Solok.

"Sejak awal kami tegaskan bahwa ini adalah ujian bagi kita semua. Tidak hanya bagi DPD PAN Kota Solok dan Pemko Solok, tapi juga bagi masyarakat Kota Solok. Jika kita sukses melewati ujian ini, maka akan banyak program-program lainnya yang akan diterima oleh masyarakat kita," tegasnya. 

Senada dengan itu, Bendahara DPD PAN Kota Solok, Rusdi Saleh, bersama sejumlah Bakal Caleg DPRD Kota Solok 2024 yang ikut mengunjungi masyarakat penerima manfaat tersebut, seperti Mezi Okluza, Roza Rini, Silvina Anggraini dan Yeyen Noviyenti, mengaku kunjungan ke lapangan itu, ditujukan untuk memastikan bahwa bantuan ini betul-betul sesuai dengan aturan. 

"Insyaallah melalui program ini masyarakat Kota Solok akan merasakan manfaatnya dan nantinya akan terus berkelanjutan. Maka kami dari seluruh kader Partai Amanat Nasional akan selalu bergandengan tangan untuk mewujudkan agar bisa langsung hadir di tengah-tengah masyarakat dan kami tidak ingin program yang diluncurkan oleh Anggota komisi V DPR RI dari Fraksi PAN ini disalahgunakan atau tidak sesuai dengan Standar Operasi Prosedur (SOP). Alhamdulillah. Setelah kami tinjau langsung ke tengah-tengah masyarakat yang telah menerima manfaat tidak kami temukan ketimpangan dan semuanya berjalan sesuai dengan aturan yang ada. Kami menghimbau kepada masyarakat untuk selalu mendukung program anggota komisi V DPR RI, Athari Gauthi Ardi dan semoga program ini berkelanjutan di tahun-tahun berikutnya," ungkap Rusdi Saleh. 


Pembuktian Janji Athari Gauthi Ardi

Sejumlah program dari Pokir Anggota Komisi V DPR RI, Athari Gauthi Ardi, menjadi pembuktian janji dan ucapannya saat melaksanakan Reses di Simpang Lima, Kelurahan Laing, Kota Solok, Minggu (23/10/2022). Politisi PAN yang merupakan anak Bupati Solok H. Capt. Epyardi Asda, M.Mar, menjanjikan akan "membombardir" Kota Solok dengan membawa berbagai paket pembangunan, seperti perbaikan irigasi, perbaikan sanitasi, hingga bedah rumah. Sebelumnya, untuk Kota Solok, Athari telah membawa berbagai program pembangunan semenjak Tahun 2020 lalu. Di antaranya, Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) serta normalisasi Batang Lembang dengan anggaran lebih kurang Rp20 miliar.

"Untuk Tahun 2023 nanti, Kota Solok juga mendapatkan program bedah rumah (BSPS) sekira 100 unit rumah. Selain itu, juga ada program irigasi (P3TGAI) dan sanitasi masyarakat (Sanimas)," ujar Athari. (PN-001)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment