News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Pendaftaran Bacaleg DPR, DPRD dan DPD Resmi Dibuka!

Pendaftaran Bacaleg DPR, DPRD dan DPD Resmi Dibuka!

JAKARTA, PATRONNEWS.CO.ID - Pendaftaran bakal calon anggota legislatif (caleg) DPR, DPRD dan DPD dibuka hari ini 1 Mei 2023. Pendaftaran dibuka hingga 14 Mei mendatang.

"Benar (1 Mei dibuka pendaftaran). Pengajuan daftar bakal calon anggota DPR dan DPRD dan pendaftaran bakal calon DPD," ujar Ketua Divisi Teknis KPU RI Idham Holik kepada wartawan, Kamis (27/4/2023).

Dalam pengumuman KPU Nomor: 18/PL.01.4-PU/05/2023 yang dikeluarkan pada Senin (24/4), dan ditandatangani oleh Ketua KPU Hasyim Asy'ari, menjelaskan pendaftaran calon anggota DPR, DPRD dan DPD dilaksanakan selama 14 hari.

KPU akan melayani mulai pukul 08.00-16.00 waktu setempat pada 1-13 Mei 2023. Sedangkan di 14 Mei 2023, KPU akan melayani mulai pukul 08.00-23.59 waktu setempat.

Bacalon nantinya akan melakukan pendaftaran melalui aplikasi Sistem Informasi Calon (Silon). Para bacalon DPD dan partai politik yang mengusung bacalon DPR dan DPRD diminta untuk mengunggah dokumen pendaftaran di Silon.

"Bakal calon perseorangan peserta Pemilu anggota DPD mengunggah naskah asli bentuk digital dokumen pendaftaran pada Sistem Informasi Pencalonan (Silon) sejak pengumuman pendaftaran calon sampai dengan berakhirnya masa pendaftaran," bunyi salah satu poin dalam pengumuman KPU tersebut.

Idham mengatakan Silon telah dibuka sejak Rabu (19/4). Pembukaan Silon bersamaan dengan pengesahan PKPU Nomor 10 Tahun 2023 tentang Pencalonan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi, dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten/Kota dan PKPU Nomor 11 Tahun 2023 tentang Perubahan Kedua atas Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 10 Tahun 2022 tentang Pencalonan Perseorangan Peserta Pemilihan Umum Anggota Dewan Perwakilan Daerah.

Setelah pendaftaran, KPU akan melanjutkan verifikasi administrasi persyaratan calon pada 15 Mei sampai 23 Juni 2023. Kemudian dilanjutkan penyerahan perbaikan persyaratan calon pada 26 Juni 2023 sampai 9 Juli 2023.

KPU melakukan persiapan untuk pendaftaran bacaleg ini. KPU telah menyiapkan ruangan pelayanan pendaftaran bacaleg untuk para pengurus partai politik (parpol) di kantor KPU RI.

Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari bersama sejumlah komisioner menunjukkan ruangan penerimaan pendaftaran bacaleg DPR di lantai dua kantor KPU RI, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat. Dalam ruangan tersebut, telah disiapkan meja dan penanda meja (table tag) bagi para pengurus parpol yang hendak mendaftarkan para bacalegnya. (*/PN-001)

Sumber: detik.com

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment