News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Bawaslu Kota Solok Laksanakan Rakor Pengawasan Pemutakhiran Data Pemilih Pemilu 2024

Bawaslu Kota Solok Laksanakan Rakor Pengawasan Pemutakhiran Data Pemilih Pemilu 2024

SOLOK, PATRONNEWS.CO.ID - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Solok, menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Pengawasan Tahapan Pemutahiran Data Pemilih Pemilu tahun 2024, bertempat di Taufina Hotel, Kota Solok, Senin (20/2/2023). Kegiatan Rapat Koordinasi (Rakor) Pengawasan Tahapan Pemutahiran Data Pemilih Pemilu tahun 2024 dibuka langsung oleh Plh.Ketua Bawaslu Kota Solok Rafiqul Amien, S.Pd.I, M.Pd. didampingi Koordinator Divisi Hukum, Pencegahan, Hubungan Masyarakat dan Hubungan Antar Lembaga Budi Santosa, MP, serta Kepala Sekretariat Bawaslu Kota Solok Agustin Melta, S.Sos.

Tampak hadir Ketua KPU Kota Solok Asraf Daniel H, S.Sos, dan Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Kadisdukcapil) Ratna Wati, SH, MM, yang sekaligus didaulat sebagai narasumber dalam kegiatan tersebut. 

Selain itu hadir juga Kasat Intelkam Polres Solok Kota AKP Dwi Triharyanto, SE, M.Si, Staf Sekretariat Bawaslu, Panwascam (Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan), PKD (Pengawas Pemilu Kelurahan/Desa), Pimpinan Partai Politik, serta wartawan media cetak dan elektronik serta undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Plh. Ketua Bawaslu Kota Solok Rafiqul Amien, mengatakan bahwa kegiatan itu dilaksanakan sebagai upaya memperkuat koordinasi Bawaslu Kota Solok dengan seluruh stakeholder terkait lainnya, dalam meningkatkan pengetahuan serta mewujudkan kesamaan pandangan khususnya dalam pemutakhiran data pemilih pemilu 2024.

Menurutnya, tahapan pemutakhiran data pemilih merupakan tahapan terpanjang dalam proses tahapan Pemilu 2024 mulai dari pembentukan petugas pantarlih, pelaksanaan coklit data pemilih oleh pantarlih, penetapan DPS, DPSHP dan DPT.

Untuk itu, ditambahkan Rafiqul, terkait dengan tahapan Pengawasan Pemutakhiran Data dan Penyusunan Daftar Pemilih dalam Pemilihan Umum Tahun 2024, Bawaslu Kota Solok bersama jajaranpengawas  hingga tingkat kecamatan dan kelurahan akan terus melakukan identifikasi potensi kerawanan pelanggaran maupun sengketa proses, sebagai acuan dalam pelaksanaan pengawasan tahapan tersebut.

"Saat ini sedang berlangsung proses coklit (pencocokan dan penelitian) data pemilih. Untuk itu, Bawaslu Kota Solok sebagai pihak yang mengawasi, yang diamanahkan pengawasan nya dilaksanakan oleh 1 PKD di masing-masing Kelurahan. Ini tentu akan sedikit kewalahan. Namun Bawaslu Kota Solok tetap berkomitmen dalam pengawasan, bekerja semaksimal mungkin, dengan menggandeng seluruh stakeholder dan masyarakat," ujarnya. 

Bawaslu Kota Solok bersama jajaran pengawas pemilu kecamatan telah membuka Posko Kawal Hak Pilih, dalam rangka menerima laporan atau pengaduan masyarakat yang belum terdaftar sebagai pemilih.

Hal senada disampaikan Koordinator Divisi Hukum, Pencegahan, Hubungan Masyarakat dan Hubungan Antar Lembaga Budi Santosa, MP, bahwa dengan terlaksananya kegiatan ini diharapkan  proses pemutakhiran data pemilih bisa terlaksana dengan baik, sesuai peraturan perundang-undangan.

"Dengan kegiatan ini diharapkan semua kita memiliki kesamaan persepsi serta menyatukan tujuan dalam memaksimalkan proses penting dan terpanjang dalam tahapan Pemilu yaitu Pemutakhiran Data Pemilih Pemilu tahun 2024, sehingga seluruh masyarakat yang sudah memiliki hak pilih terdaftar di daftar pemilih," sebut Budi.

Bawaslu Kota Solok terus melakukan pengawasan bersama jajaran pengawas pemilu kecamatan dan pengawas pemilu kelurahan diseluruh wilayah Kota Solok, dengan metode pengawasan melekat (waskat) dengan Pantarlih dan metode uji petik sampel  secara langsung kelapangan, untuk memastikan seluruh warga masyarakat Kota Solok telah di coklit oleh pantarlih.

Sebelumnya Koordinator Sekretariat Bawaslu Kota Solok Agustin Melta, S Sis, menyampaikan bahwa kegiatan ini diikuti oleh sebanyak 70 orang, yang terdiri dari Bawaslu Kota Solok dan jajaran, serta mengundang KPU Kota Solok, TNI, POLRI, Panwascam, PKD, Pimpinan Partai Politik, serta media dan undangan lainnya.

Ketua KPU Kota Solok Asraf Daniel H, SE. MM dan Anggota Jonnedi, SE. MM dalam materinya menerangkan tentang Tahapan Penyusunan Daftar Pemilih penting dan strategis serta pengenalan kerja-kerja Pantarlih (petugas pemutakhiran data pemilih). Sementara itu, Kadisdukcapil Ratnawati, SH. MM dalam paparannya menyampaikan terkait Peran Disdukcapil dalam menyukseskan Pemilu 2024. (PN-002)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment