News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Yayasan Darianis Yatim Bangun Masjid SMPN 4 Kota Solok

Yayasan Darianis Yatim Bangun Masjid SMPN 4 Kota Solok

SOLOK - Keluarga Besar SMPN 4 Kota Solok menerima berkah dari Yayasan Darianis Yatim. Sekolah yang beralamat di Kelurahan Sinapa Piliang, Kecamatan Lubuk Sikarah, Kota Solok, Sumatera Barat, segera memiliki masjid megah yang akan dibangun oleh Yayasan Darianis Yatim. Hal ini ditandai dengan peletakan batu pertama oleh Ketua Harian Yayasan Darianis Yatim, Rusdi Saleh, Rabu (2/3/2022). Peletakan batu pertama ini, menjadi salah satu acar puncak dalam Gebyar Peringatan Ulang Tahun SMPN 4 Kota Solok ke-43. 

Kegiatan ini, dihadiri oleh Kepala Cabang Dinas (Kacabdin) Pendidikan Solok Raya, Israr A, M.Pd, Asisten 1 Pemko Solok Nova Elfino, Ketua DPRD Hj. Nurnisma, SH, Anggota DPRD Yoserizal, Taufiq Nizam, Rusnaldi, Hendra Saputra, Wazadly, dan Rusdi Saleh. Mereka diterima oleh Kepala SMPN 4 Kota Solok Huriati, Komite Sekolah, Majelis Guru, para alumni dan siswa-Siswi SMPN 4 Kota Solok. 

Ketua Harian Yayasan Darianis Yatim, Rusdi Saleh, menyatakan Yayasan Darianis berdiri sejak tahun 2009 dan mulai beriperasi pada 2010. Menurut Anggota DPRD Kota Solok dari Partai Amanat Nasional (PAN) tersebut, hingga saat ini, Yayasan Darianis Yatim sudah membangun sebanyak 35 masjid di Kota Solok dan Kabupaten Solok. Selain itu, Darianis Yatim juga membangun pesantren, memberikan beasiswa, hingga membantu pendidikan ratusan siswa-siswi asal Kota Solok dan Kabupaten Solok, bahkan hingga ke luar negeri.

"Alhamdulillah. Hingga saat ini sudah 35 masjid yang dibangun Yayasan Darianis Yatim di Kota Solok dan Kabupaten Solok. Artinya, ada sekira 6 masjid yang kita bangun dalam setahun. Dana pembangunan berasal dari usaha pribadi Ketua Umum Yayasan Darianis Yatim, Pak Yenon Orsa. Mari kita doakan beliau senantiasa sehat, agar semakin banyak lagi membantu masyarakat Kota Solok. Terutama untuk pembangunan masjid dan beasiswa untuk putra-putri Kota Solok," ungkap Rusdi Saleh.

Rusdi Saleh juga mengungkapkan, saat ini sudah 25 masjid yang sudah siap dibangun di Kota Solok. Sebanyak tiga masjid yang telah siap itu, berada di lingkungan sekolah. Yakni di SMPN 1, SMPN 3, dan SMPN 5. Sementara, sisanya adalah masjid yang dibangun di lingkungan masyarakat dan gedung layanan masyarakat. Seperti masjid di RSU M Natsir Solok, Masjid di Taruko Simpang Rumbio, Masjid di Asrama 12 Tanag Garam, serta masjid-masjid lainnya. 

Selain memberikan beasiswa untuk putra-putri di Kota Solok dan Kabupaten Solok, Yayasan Darianis Yatim beberapa waktu lalu juga membantu pembangunan Pondok Pesantren Darut Thalib di Kelurahan Laing, Kecamatan Lubuk Sikarah, Kota Solok, sebesar Rp4,5 miliar. Pondok Pesantren Darut Thalib yang sebelumnya dalam kondisi memprihatinkan dan hanya memiliki 28 santri, kini sudah memiliki gedung yang sangat megah dan kini sudah memiliki santri lebih dari 300 orang. Bahkan, beberapa waktu lalu, Ponpes Darut Thalib sudah mengirim tiga mahasiswa berkuliah ke Yaman dan Mesir, dengan biaya dari Yayasan Darianis Yatim.

Kepala Cabang Dinas (Kacabdin) Pendidikan Solok Raya, Israr A, M.Pd, mengaku pihaknya sangat berterima kasih dan memberikan apresiasi tinggi kepada Yayasan Darianis Yatim yang telah membangun masjid di sekolah-sekolah dan membantu pendidikan siswa siswi Kota Solok dan Kabupaten Solok. Menurut Israr, niat dan upaya ikhlas dari Yayasan Darianis Yatim ini, merupakan berkah yang harus disyukuri dan harus diapresiasi. Israr mengingatkan, setelah masjid di kompleks sekolah dibangun, pihak sekolah harus memanfaatkanya secara maksimal. 

"Ini adalah wujud dari sinkronisasi pendidikan. Wujud dari tanggung jawab pengusaha dan masyarakat membentuk siswa yang berakhlakul karimah. Aplaus kepada Yayasan Darianis Yatim. Saya akan menyampaikan hal ini ke Gubernur, Wakil Gubernur dan Kadis Pendidikan Sumbar. Sesuatu yang patut dicontoh. Sebaliknya, saya mengharapkan, pihak sekolah dan masyarakat sekitar, harus memanfaatkan masjid yang dibangun ini secara maksimal," harapnya. (PN-001)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment