News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Jurusan Sosiologi UNP dan Jurnal Socius Studi Banding dan Jalin Kerjasama dengan UNY dan RJI

Jurusan Sosiologi UNP dan Jurnal Socius Studi Banding dan Jalin Kerjasama dengan UNY dan RJI

PADANG - Tim Program Studi Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial (FIS) Universitas Negeri Padang (UNP), dipimpin langsung oleh Ketua Prodi, Dr. Eka Vidya Putra, M.Si melakukan kunjungan kerja dan jalinan kerja sama dengan Jurusan Sosiologi, FISIP Universitas Negeri Yogyakarta pada 8 November 2021 lalu. Lokasi kegiatan bertempat di Ruang Sidang Lafran Pane, FIS UNY, Yogyakarta.

Pada kunjungan tersebut, rombongan Prodi Sosiologi, FIS UNP berkesempatan menyimak pemaparan mengenai Sosialisasi Kurikulum MBKM (Merdeka Belajar, Kampus Merdeka) Prodi Pendidikan Sosiologi UNY, disampaikan oleh Grendi Hendrastomo, M.A. beserta tim. Di samping itu, juga dilaksanakan penandatanganan PKS (Perjanjian Kerja Sama) antara Jurusan Sosiologi FIS UNP dan Jurusan Sosiologi FIS UNY oleh masing-masing Ketua Prodi Nur Hidayah, M.Si. (Ketua Prodi Pendidikan Sosiologi UNY dan Dr. Eka Vidya Putra, M.Si. (Ketua Prodi Pendidikan Sosiologi UNP).

Sehari setelahnya, 9 November 2021, rombongan Prodi Sosiologi yang di dalamnmya juga membawa tim redaksi Jurnal Socius UNP, mengunjungi Kantor Pusat Relawan Jurnal Indonesia (RJI) di Yogyakarta dalam rangka Benchmarking Pengelolaan Jurnal Ilmiah. Redaksi Jurnal Socius yang berkunjung adalah Dr. Delmira Syafrini, M.A selaku Managing Editor dan Rhavy Ferdyan, S.Pd. sebagai Supporting Staff.

Disambut oleh oleh Dr. Moh. Iqbal Ahnaf (Editor in Chief Jurnal Kawistara) dan Dr. Hastangka (Managing Editor Kawistara), agenda utama kunjungan kerja adalah berupa Studi Banding pengelolaan jurnal ilmiah bersama RJI Pusat, membahas masalah pengelolaan jurnal ilmiah terakreditasi, prosedur keanggotaan RJI, dan penjelasan beberapa layanan RJI seperti supervisi, forum diskusi, pusat studi, dan yang baru dirilis RJI Academy yang akan berjalan pada Desember 2021.

Juga tak ketinggalan didiskusikan mengenai aspek manajemen, pengelolaan naskah, hingga penerbitan. Jurnal Kawistara juga menunjukkan berbagai layanan yang tepat kepada penulis hingga alur melakukan revisi artikel setelah di-review oleh reviewer. Agenda penting lainnya adalah menjajaki kerjasama Jurnal Socius dengan Jurnal Kawistara terutama dalam rangka pertukaran editor dan reviewer di masing-masing redaksi

Dalam paparannya, Delmira menyampaikan, Jurnal Socius berusaha keras meningkatkan akreditasi (saat ini SINTA 3) berdasarkan saran dan masukan diperoleh dari RJI dan mengikuti beberapa layanan RJI seperti beberapa workshop pengelolaan jurnal yang sedang berlangsung. (*/PN-001/rel/MIG)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment