News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

DPC Hanura Kota Solok Usung Target Menjadi Pemenang di Pileg 2024

DPC Hanura Kota Solok Usung Target Menjadi Pemenang di Pileg 2024

Sambut Verifikasi Parpol, DPC Hanura Kota Solok Gelar Rapat Konsolidasi dengan DPD Hanura Sumbar

SOLOK - Dewan Pengurus Cabang (DPC) Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) Kota Solok menggelar Rapat Konsolidasi dalam persiapan verifikasi partai politik di Sekretariat DPC Hanura Kota Solok, Senin (27/9/2021). Rapat Konsolidasi tersebut dihadiri oleh Sekretaris DPD Hanura Sumbar Sondri BS Dt Kayo, Ketua Bappilu Ronal, dan bidang Verifikasi Parpol Reza. Kedatangan rombongan DPD Hanura Sumbar diterima oleh Ketua DPC Hanura Kota Solok Rusnaldi, Berndahara H Zurdiman, Anggota DPRD Kota Solok Ade Surya Dharma, serta pengurus DPC, dan kader Hanura se-Kota Solok.

Sekretaris DPD Hanura Sumbar Sondri BS Dt Kayo menyatakan kegiatan ini merupakan agenda yang telah direncanakan, yakni konsolidasi dengan seluruh DPC se-Sumbar. Menurutnya, hal ini ditujukan untuk persiapan matang setiap DPC menyambut Pemilu Legislatif 2024. Yakni dengan melakukan langkah-langkah konkret dan terukur. 

"Kekuatan Partai Hanura kini berada di daerah-daerah. Terutama di tingkat DPC Kabupaten/Kota. Saat ini, ada sekitar 800 Anggota DPRD di seluruh Indonesia. Ini merupakan sebuah kekuatan besar yang mesti dimaksimalkan di Pileg 2024. Karena itu, persiapan di tingkat DPC harus benar-benar matang. Jika di DPC tidak tuntas, maka akan berpengaruh ke tingkat DPD, bahkan hingga ke DPP," ungkap Sondri.

Terkait langkah-langkah strategis, Sondri mengungkapkan, sesuai arahan dari DPP Hanura, penguatan komunikasi dan konsolidasi internal menjadi prioritas. Menurutnya, seluruh unsur yang ada di DPC harus memahami kekuatan dan kelemahan untuk menghadapi Pileg 2024. Sehingga bisa membuat langkah-langkah terukur dan realistis, serta mampu membangun kekuatan politik dari internal.

"Langkah-langkah yang diambil harus konkret dan terukur. Sehingga persiapan di setiap DPC matang menyambut pemilu 2024. Mulai dari konsolidasi pemenangan, entri data, kepengurusan. Mulai dari DPC, PAC, Ranting hingga anak ranting untuk bekerja maksimal sesuai arahan, proses dan target. Nantinya, upaya ini akan disejalankan dengan kerja Tim Akselerasi dari DPP Hanura," ujarnya. 

Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPD Hanura Sumbar, Ronal, menyatakan saat ini program Bappilu fokus pada persiapan verifikasi di tingkat DPC. Selain internal, konsolidasi eksternal dengan institusi terkait. Selain konsolidasi internal, seluruh DPC diminta untuk membangun komunikasi eksternal. Yakni dengan tokoh masyarakat, pemerintah daerah, masyarakat, serta komunkasi dengan penyelenggara Pemilu dan media massa. 

"Seluruh pengurus DPC dan Anggota DPRD diminta untuk memaksimalkan publikasi ke masyarakat tentang Hanura dan kinerja elemen partai. Seperti baliho permanen dan publikasi kegiatan di media. Sehingga kiprah partai, Anggota DPRD dan kader dapat tersosialisasi dengan baik," ungkapnya. 

Anggota Bidang Verifikasi Parpol, Reza, menyatakan saat ini Partai Hanura membuka kesempatan dan peluang kepada seluruh masyarakat untuk menjadi bagian dari barisan Partai Hanura. Yakni dengan membuka pendaftaran secara online di website partaihanura.net/anggota. Setelah terdaftar, masyarakat bisa menghubungi sekretariat DPC Partai Hanura terdekat.

"Di samping proses verifikasi, Partai Hanura juga membuka kesempatan seluas-luasnya bagi masyarakat untuk bergabung dengan Partai Hanura. Pendaftaran visa secara online dan setelah terdaftar, bisa mendatangi DPC terdekat untuk menerbitkan kartu tanda anggota (KTA)," ungkapnya. 

Sementara itu, Ketua DPC Hanura Kota Solok, Rusnaldi, A.Md, memaparkan kondisi di politik di Kota Solok dan kiprah Hanura. Menurutnya, dengan adanya dua kecamatan, Kota Solok secara politik terbagi dalam dua daerah pemilihan (Dapil), yakni Lubuk Sikarah dan Tanjung Harapan. Partai Hanura di Kota Solok berhasil masuk lima besar, dengan menempatkan dua kursi di DPRD Kota Solok periode 2019-2024. 

"Alhamdulillah, di Pileg 2019 kemarin, Partai Hanura berhasil menempatkan dua wakilnya di DPRD Kota Solok dengan mengisi kedua Dapil. Hal ini terjadi peningkatan dari periode 2014-2019 yang hanya satu kursi. Di Pileg 2024, kita menargetkan meraih kursi pimpinan DPRD. Ini merupakan target yang sangat realistis, karena dua partai yang menjadi wakil Ketua DPRD Kota Solok, juga meraih kursi yang sama dengan Hanura, yakni sama-sama dua kursi. Sementara, kursi partai yang menjdi Ketua DPRD, mendapatkan tiga kursi," ujarnya. 

Rusnaldi juga mengungkapkan dirinya tidak ingin berpuas diri dengan berada di lima besar. Rusnaldi menyebutkan, saat ini banyak masyarakat yang ingin bergabung ke Partai Hanura, namun ingin mendapatkan kepastian terkait posisinya di partai. Karena itu, DPC sudah menyusun struktur Pimpinan Anak Cabang (PAC) di tingkat kecamatan, ranting di tingkat kelurahan, hingga anak ranting.

"Menghadapi verfikasi parpol, butuh konsolidasi dan revisi kepengurusan DPC Hanura Kota Solok. Dari pengalaman verifikasi di Pileg 2019 sebelumnya, proses verifikasi faktual, tidak main-main. Karena kita harus mencukupi berbagai persyaratan. Namun, jika proses tersebut diikuti dengan baik, justru bisa menjadi kekuatan dari awal. Sehingga, semakin meningkatkan optimisme menghadapi Pemilu 2024," ungkapnya. (PN-001)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment