News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Audy Joinaldi: Bareh Solok Ikon Solok? Harus di-Branding Maksimal

Audy Joinaldi: Bareh Solok Ikon Solok? Harus di-Branding Maksimal

SOLOK - Kota Solok dan kabupaten Solok yang dikenal sebagai penghasil beras ternama, "Bareh Solok" yang sudah menjadi ikon beras terbaik di Sumbar, diminta untuk ditingkatkan marwah dan di-branding sebagai komoditas terbaik. Hal itu menjadi perhatian khusus bagi Wagub Sumbar, Audy Joinaldi, saat Rapat Koordinasi Perencanaan Pembangunan (Rakorenbang), dengan jajaran Pemkab Solok dan Pemko Solok, di Auditorium Gubernuran Sumbar, Selasa (9/3/2021).

Menurut Audy, Bareh Solok saat ini kalah bersaing dengan beras-beras dari daerah lain di Pulau Jawa. Terutama untuk kelas premium seperti yang dijual di supermarket. Bahkan menurutnya, di supermarket ternama di Kota Padang saja, Bareh Solok ditempatkan di tumpukan paling bawah karena kemasannya yang masih menggunakan karung. Sementara beras merk lain asal Pulau Jawa lebih laris karena kemasannya yang bagus.

"Bareh Solok itu katanya ikon Solok. Coba lihat di supermarket, dimana letak Bareh Solok. Katanya Bareh Solok terkenal, dimana terkenalnya? Coba lihat di supermarket di luar sumbar, ada gak? Nggak ada. Jadi, terkenalnya di dalam daerah kita saja. Saya minta kepada dinas terkait, apakah itu perdagangan atau koperasi dan UKM, tolong dibuat brand untuk mengangkat marwah bareh solok ini. Sebab Solok ini mendukung visi misi kepala daerah juga, yakni menjadikan Sumbar sebagai produsen beras nasional," tutur Audy.

Lebih lanjut Audy memaparkan, setelah ada brand yang bagus, Bareh Solok dipacking ukuran paling kecil 5 kg sama seperti beras-beras ternama lainnya. Kemudian, untuk pemasarannya entrepreneur muda ini "membocorkan" sejumlah kiat. Mulai dari pemasaran di kalangan ASN se-Sumbar, lalu ke minimarket-minimarket yang ada di Sumbar, supermarket hingga pemasaran online melalui marketplace.

"Kita harus tingkatkan marwah Bareh Solok ini. Sehingga, sesuai slogannya sebGai Bareh Tanamo atau beras yang terkenal," ungkapnya.

Sementara itu, Walikota Solok Zul Elfian menyambut baik keinginan Audy Joinaldi. Menurutnya, pihaknya akan segera menindaklanjuti, dengan menyiapkan brand dan packing menarik. Sehingga, rasa khas Bareh Solok bisa terkenal dan ujung-ujungnya bisa meningkatkan pendapatan petani. 

"Apa yang disampaikan Pak Wagub sangat penting. Kita (Pemko Solok) akan segera menindaklanjuti dengan menyiapkan brand dan packing dengan berbagai ukuran. Semoga dengan begitu Bareh Solok semakin terkenal. Rasa Bareh Solok memang sangat khas, dan beda dengan beras manapun," ujar Zul Elfian. (PN-001)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

1 comments:

  1. Tidak cukup dari kemasan yg bagus,ttpi isi kemasannya juga dapat di percaya baik kwalitas sesuai jenis berasnya maupun kwantitas isi kemasannya.
    Pedagang beras sering mencapur kwalitas yg terbaik dgn kwalitas yg kurang enak,ttpi membuat nama dgn kwalitas beras Solok yg terbaik

    ReplyDelete