News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

30 Siswa MAN 2 Solok Dilatih Teknik Akupresur dan Penanaman Toga

30 Siswa MAN 2 Solok Dilatih Teknik Akupresur dan Penanaman Toga

SOLOK - Sebanyak 30 siswa MAN 2 Solok mengikuti pelatihan Akupresur dan penanaman tanaman obat keluarga (Toga), di Kampus MAN Singkarak di Jalan Raya Singkarak Solok-Bukittinggi, Senin (23/11/2020). Pelatihan ini bekerjasama dengan Tim Kesehatan dari Puskesmas X Koto Singkarak dan Bidang UKS MAN 2 Singkarak yang telah terbentuk sejak tahun 2016. Pelatihan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan (Prokes) ini, ditujukan untuk membentuk masyarakat kampus yang paham terhadap pola hidup sehat dan pengobatan herbal. 

Sebanyak 30 siswa yang mengikuti pelatihan tersebut, merupakan duta usaha kesehatan sekolah (UKS) MAN 2 Solok dari berbagai tingkatan. Mereka juga dipersiapkan mengikuti lomba UKS tingkat Kabupaten Solok dan Provinsi Sumbar. Pada tahun 2018 lalu, MAN 2 Solok berhasil meraih juara 1 tingkat Kabupaten Solok. Pada tahun 2019 saat mewakili Kabupaten Solok, MAN 2 Solok meraih juara kedua di tingkat provinsi.

Dalam pelatihan ini, 30 orang siswa yg dipilih sebagai duta UKS diberi pembekalan ilmu dasar bagaimana memanfaatkan lingkungan sebagai sumber obat-obatan herbal. Saat ini, berbagai tanaman obat herbal yang ditanam di sekitar lokasi madrasah di antaranya kunyit, jahe, pegagan, tapak leman, lidah buaya, sereh wangi, dan berbagai tanaman obat lainnya. Para peserta juga diberi materi tentang pengobatan dengan sistem akupresur.  Yakni paduan teknik pengobatan akupuntur tanpa jarum dan teknik pijak refleksi dengan menekan titik titik tertentu pada tubuh. Teknik ini dipercaya bisa mengatasi penyumbatan aliran energi dan mengembalikan keseimbangan energi di tubuh. 

Kepala MAN 2 Solok, Dra. Nurhayati, MM, menyatakan dengan adanya siswa yang dipersiapkan memiliki kemampuan akupresur dan pelatihan Toga ini, diharapkan bisa menciptakan madrasah sehat, terutama para siswa dan guru, serta para wali murid dan masyarakat sekitar. Nurhayati juga mengapresiasi Tim UKS yang diketuai oleh Dra. Lilis Suryani beserta anggota Tusilia, S.Pd, Rola Jatfo Anggraini, S.Pd, Tessy Oktiamida, S.Pd dan Fitrawati, S.Pd.

"Terimakasih kepada tim dan seluruh warga kampus MAN 2 Solok yang telah bekerja dengan keras dan penuh tanggung jawab demi terwujudnya kampus hijau nan permai. Sehingga bisa menjadi madrasah yang dibanggakan dan mampu melahirkan generasi generasi tafaqquh Fiddin (bersungguh-sungguh dalam mempelajari ilmu). Serta mempersiapkan generasi yang sehat secara jasmani dan rohani," ujarnya 

Nurhayati juga mengingatkan bahwa kegiatan lomba UKS tidak hanya demi nama madarasah semata. Namun, menurutnya yang lebih penting adalah mengajarkan kepada seluruh warga kampus akan pentingnya hidup sehat seperti yang di contohkan oleh Rasulullah. 

"Apalagi di masa pandemi Covid-19 ini, selain mematuhi protokol kesehatan, kita juga dituntut untuk menerapkan prinsip hidup sehat," ungkapnya. (PN-002)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment