News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Tali Asih Jumat Barokah Polres Solok yang Jadi Buah Bibir di Masyarakat

Tali Asih Jumat Barokah Polres Solok yang Jadi Buah Bibir di Masyarakat

Sentuhannya "Lain", karena Selalu Kapolres yang Turun Langsung

Setiap Kapolres memiliki gaya yang berbeda dalam bidang kerjanya. Paradigma kepolisian yang kini lekat dengan jargon PROfesional MOdern TERpercaya (PROMOTER), diperkuat dengan kepedulian langsung ke masyarakat. Salah satunya Giat Tali Asih, yang dilakukan Kapolres Solok AKBP Azhar Nugroho, S.IK, SH, M.Si. Seperti apa?

SOLOK - Jam sudah menunjukkan pukul 09.00 WIB. Sinar mentari terasa cukup menyengat di Jorong Batang Hari, Nagari Alahan Panjang, Kecamatan Lembah Gumanti, Kabupaten Solok. Di daerah terdingin di Sumbar tersebut, suhu mencapai 15-17 derajat celcius. Namun, saat matahari bersinar terik, cahayanya terasa menyengat. Akibat perbedaan suhu dingin dan panasnya sinar matahari. 

Di saat suasana yang begitu tenang, karena warga sudah mulai beraktivitas, rombongan Polres Solok menyambangi Jorong Batang Hari, Nagari Alahan Panjang, Kecamatan Lembah Gumanti, Kabupaten Solok, Jumat (30/10/2020). Kedatangan rombongan untuk melaksanakan giat Tali Asih Jumat Barokah, yakni penyerahan bantuan dari pihak Polres Solok ke masyarakat yang terdampak virus corona (Covid-19). 

Hal yang menarik, setiap giat Tali Asih yang dilaksanakan setiap hari Jumat tersebut, Kapolres Solok AKBP Azhar Nugroho, S.IK, SH, M.Si, selalu turun langsung menyerahkan bantuan. Berinteraksi dan berkomunikasi langsung dengan masyarakat "akar rumput" di setiap pekan, nama Azhar Nugroho menjadi buah bibir. 

Meski paket bantuan yang diserahkan "hanya" berupa paket Sembako, 10 kilogram beras, dan 30 butir telur, tapi karena Kapolres yang turun langsung, aura dan rasanya terasa sangat berbeda di masyarakat. 

Kedatangan AKBP Azhar Nugroho, S.IK, SH, M.Si di Jorong Batang Hari, Alahan Panjang, turut didampingi Kasat Binmas AKP Bambang Haryono, Kapolsek Lembah Gumanti Iptu Nirdes Ali, SH, Wakapolsek Ipda Mulyadi, Kanit Binkamsa Sat Binmas Ipda Nurjasman, Kanit Intelkam Ipda Burhayani, Kanit Binmas Bripka Eki Iswanto, Bhabinkamtibmas Nagari Alahan Panjang Bripka Adryan Qori Suheril, dan Kepala Jorong Batang Hari Nagari Alahan Panjang.

Sebanyak empat masyarakat yang "terpilih" menerima bantuan pada Jumat (30/10/2020), merupakan masyarakat kurang mampu yang terhimpit masalah ekonomi. Yaitu pertama, Gembong Yas, (75), yang suami sudah lama meninggal. Gembong Yas kini tinggal di rumah dalam kondisi sakit sakitan dan kurang mampu. Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, wanita lansia itu sering dibantu oleh tetangga dan warga setempat.

Kedua, Roslaini (80), lansia yang suaminya juga sudah meninggal dan kehidupannya dibantu tetangga dan warga sekitar. Roslaini saat ini dalam kondisi sakit-sakitan. 

Ketiga, Ida (70), janda lansia yang tinggal bersama cucunya. Kondisinya dalam keadaan sakit-sakita karena sudah berusia lanjut. Kurang mampu memenuhi kebutuhan sehari-hari dan dibantu tetangga dan warga setempat. 

Keempat, Asni (65), suaminya sudah lama meninggal dan sekarang tinggal dengan anak. Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari sering dibantu oleh tetangga dan warga setempat.

AKBP Azhar Nugroho, S.IK, SH, M.Si menyatakan, Giat Tali Asih Jumat Barokah ini merupakan wujud kepedulian kepolisian terhadap masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19. Menurutnya, berbagi dengan masyarakat kurang mampu, bisa menguatkan kebersamaan dalam menghadapi penyebaran Covid-19.

"Kita berharap, dengan bantuan ini, bisa meringankan beban masyarakat yang membutuhkan. Serta, menjadi pemicu bagi elemen masyarakat lainnya untuk berbagi dengan warga kita yang kurang beruntung lainnya," ujarnya. 

Terkait dengan Giat Tali Asih Jumat Barokah yang kini menjadi buah bibir di masyarakat, Azhar Nugroho menegaskan hal itu semata-mata hanya bentuk kepedulian institusi kepolisian ke masyarakat. Menurutnya, dengan jargon PROMOTER, kepolisian kini menempat dirinya dengan pengayom, pelindung dan menjadi bagian di masyarakat.

"Tidak ada maksud tertentu. Hanya untuk semakin mendekatkan institusi kepolisian dengan masyarakat. Karena sejatinya kepolisian adalah bagian dari masyarakat dan mesti memiliki peran strategis dan menggerakkan masyarakat menuju kehidupan yang lebih baik," tegasnya. 

Anggota DPRD Kabupaten Solok dari Partai Nasional Demokrat (NasDem), M Hidayat, mengapresiasi Giat Tali Asih Kapolres Solok ke masyarakat. Dengan Kapolres yang turun langsung ke masyarakat, diharapkan bisa menjadi stimulus dan pemicu elemen msyarakat lainnya. Apalagi, dalam kondisi pandemi Covid-19, masyarakat sangat membutuhkan penguatan.

"Kita sangat mengapresiasi Giat Tali Asih Jumat Barokah ini. Kita berharap, seluruh elemen bisa bergerak bersama dalam menghadapi pandemi Covid-19 ini. Semoga kegiatan tersebut bisa menjadi pemicu bagi seluruh elemen untuk membantu masyarakat yang membutuhkan," ungkap Anggota DPRD Kabupaten Solok tiga periode ini. (PN-001)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment