News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Dilantik, Pemuda Muhammadiyah Sumbar Siap Menjawab Tantangan Dakwah

Dilantik, Pemuda Muhammadiyah Sumbar Siap Menjawab Tantangan Dakwah

PADANG - Ketua Pengurus Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah (PWPM) Sumatera Barat periode 2018-2022, Deri Rizal menegaskan pihaknya siap menjawab tantangan dakwah masa depan dalam kondisi multikompleks di masa depan. Hal itu ditegaskan Deri saat dilantik olej Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Pemuda Muhammadiyah, Sunanto, secara virtual di Hall Universitas Muhammadiyah Sumbar (UMSB) di Kota Padang, Minggu (30/8/2020).

Kepengurusan Wilayah Pemuda Muhammadiyah Sumbar ini merupakan hasil musyawarah wilayah (Muswil) ke XVI yang berlangsung di Kabupaten Pesisir Selatan pada tanggal 19-22 Desember 2019 lalu. Para pengurus ditetapkan sesuai Surat Keputusan Pimpina Pusat Pemuda Muhammadiyah nomor 1.5/307/1441 H tertanggal 18 Ramadhan 1441 H atau tanggal 11 Mei 2020.

Dalam sambutannya, Sunanto mengatakan, Pemuda Muhammadiyah merupakan organisasi otonom Muhammaadiyah yang gerakannya berlandaskan Alquran dan Hadits. Menurutnya, PW merupakan organisasi yang bergerak di jalan dakwah untuk menyerukan yang makruf dan menjauhi yang mungkar. Menurut Sunanto, ada lima pondasi utama dalam gerakan pemuda Muhammadiyah. Yang paling utama adalah menjadikan tauhid sebagai landasan pergerakan yang berpedoman kepada Nabi Muhammad SAW.

"Jadikan pemuda Muhammadiyah wujud khalifah fil Ardh, senantiasa bersyarikat dalam kebajikan dan teruslah berinovasi serta mengasah kreativitas dalam menjalankan organisasi. Selamat menyandang amanah pengurus PWPM Sumbar. Jalankan dan gerakkanlah pemuda Muhammadiyah," katanya.

Senada dengan itu, mantan Ketua PWPM Sumbar Muhayatul mengatakan, pemuda Muhammadiyah memiliki peranan penting dalam mensyiarkan dakwah Islam. Dia berharap, pengurus PWPM hari ini mampu mewujudkan program kerja yang selaras dengan kondisi hari ini.

"Semoga mampu merealisasikan tujuan pemuda Muhammadiyah sesuai tuntutan zaman hari ini," kata Ketua PWPM Sumbar periode 2014-2018 itu.

Harapan yang sama juga disampaikan Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Sumbar, Shofwan Karim Elhussein. Menurutnya, pemuda Muhammadiyah adalah aset berharga dan cadangan penerus perjuangan Muhammadiyah di masa mendatang.

Dia juga berharap pemuda Muhammadiyah mampu merespon kondisi terkini yang sedang berlangsung di tengah masyarakat, terutama warga persyarikatan. "Pemuda Muhammadiyah harus mengasah potensi diri menjadi lebih baik serta tetap terus membenahi akhlak yang menjadi cerminan diri," tuturnya.

Sementara itu, Ketua PWPM Sumbar Deri Rizal mengatakan dia dan jajaran pengurus yang baru akan terus melanjutkan program dan kegiatan yang telah dilaksanakan dan dirintis pengurus PWPM sebelumnya.

"Kami juga akan mengimprovisasi, meningkatkan kreativitas dan dinamisasi gerakan untuk menjawab tantangan dakwah masa depan dalam kondisi yang multikompleks," katanya.

Dia berharap, semua program yang kelak digulirkan mendapat dukungan penuh dari Muhammadiyah baik di tingkat wilayah hingga daerah.

"Kami juga sudah menggelar Rapimpil untuk merumuskan gerakan ke depan. Semoga semua target kami tercapai dan didukung ayahanda di Muhammadiyah," tuturnya. (*/ICA/PN-001)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment