News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Inovatif, Kota Solok Dapatkan Insentif Rp 4,5 Miliar DID-KPID

Inovatif, Kota Solok Dapatkan Insentif Rp 4,5 Miliar DID-KPID

SOLOK - Sebagai kota kecil dengan slogan Kota Beras Serambi Madinah, Kota Solok memilih konsep inovasi untuk membangun daerah. Keterbatasan luas wilayah dan sumber daya alam, membuat aparatur dituntut melakukan beragam terobosan. Sesuai dengan Visi dan Misi Walikota Solok 2016-2021, yakni terwujudnya masyarakat Kota Solok yang beriman, bertakwa, dan sejahtera menuju kota perdagangan, jasa, serta pendidikan yang maju dan modern, Kota kecil ini kini merupakan Labor Inovasi daerah di Sumatera Barat yang ditunjuk lansung oleh pihak LAN-RI pada tahun 2017. Sehingga, kota yang dimekarkan dari Kabupaten Solok pada 16 Desember 1970 ini menjadi salah satu salah satu destinasi pembelajaran inovasi bagi daerah lain di Sumbar dan Indonesia.

Kota Solok, kini bisa dibilang sudah menjadi acuan bagi daerah lainnya di Sumatera Barat dalam melahirkan berbagai inovasi peningkatan pelayanan publik. Selain mengharumkan nama Kota Solok ke pentas Nasional, melalui penghargaan dari pemerintah Pusat (Kementrian Dalam Negeri) yakni IGA (Inovative Goverment Award) pada tahun 2018 lalu perigkat 7 se-Indonesia, dan penghargaan Teknologi Tepat Guna Tingkat Propinsi mendapatkan peringkat III tahun 2018, dan peringkat II tahun 2019.


Predikat Laboratorium Inovasi daerah juga diharapkan mampu membawa virus perubahan dalam cara dan pola berpikir ASN. Hasil dari Penghargaan IGA dari Kementrian Dalam Negeri berbuah reward dalam bentuk Dana Intensif Daerah Kategori Inovasi Pemerintah Daerah (DID KIPD) sebesar Rp. 4.584.763.000,- pada tahun 2020. Untuk itu pada tahun ini diharapkan Pemerintah Kota Solok bisa kembali meraih Prestasi-prestasi di bidang Inovasi di kancah Nasional, supaya kembali mendapatkan reward dari Pemerintah Pusat, seperti IGA, SINOVIK, INAGARA dan TTG.

Di bawah Koordinasi Badan Penelitian dan Pengembangan Kota Solok, Kota Beras Serambi Madinah telah me-launching 158 Inovasi yang berasal dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) se-Kota Solok.


Kepala Balitbang Kota Solok, Marwis, SE, MM, menyampaikan, secara umum keberhasilan Kota Solok dalam berinovasi merupakan tindak lanjut dan kerjakeras kita bersama seluruh stakeholder.

"Kita berharap untuk ke depannya Kota Solok bisa menjadi rujukan bagi Pemda lain untuk berinovasi dan pada tahun 2020 ini akan dilaksanakan kembali penilaian IGA. Mudah-mudahan kita kembali mencetak inovasi yang bisa memberikan manfaat kepada Pemerintah Kota Solok," ujarnya. (PN-001)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment