Singkirkan Imej Organisasi Preman, Pemuda Pancasila Harus Jadi Pelopor dan Inovator - PATRONNEWS

Saturday, October 12, 2019

Singkirkan Imej Organisasi Preman, Pemuda Pancasila Harus Jadi Pelopor dan Inovator

Singkirkan Imej Organisasi Preman, Pemuda Pancasila Harus Jadi Pelopor dan Inovator

SOLOK - Bupati Solok Gusmal, SE, MM Dt Rajo Lelo, mengharapkan Pemuda Pancasila (PP) Kabupaten Solok mampu berkembang menjadi organisasi pemuda yang maju, mandiri dan berkarakter dan jauh dari kesan premanisme. Gusmal juga mengharapkan PP Kabupaten Solok bisa menginspirasi organisasi kepemudaan lain di Kabupaten Solok dengan program-program yang kreatif dan inovatif. Hal itu diungkapkan Gusmal saat menerima silaturahim pengurus PP Kabupaten Solok, di Guest House, Kompleks Rumah Dinas Bupati Solok, Arosuka, Jumat (11/10/2019).

"Anggota PP Kabupaten Solok harus mampu menginspirasi organisasi kepemudaan lainnya. Saya percaya PP Kabupaten Solok di bawah komando Lamud Wijaya, akan melahirkan beragam program-program kreatif dan inovatif.  Pola kepemimpinan dalam sebuah organisasi kepemudaan seperti PP adalah kolektif kolegial. Hakikatnya, semua unsur dan struktur dalam keorganisasian harus saling menopang dan bekerja sama dengan mufakat. Tidak ada istilahnya ketua berjalan sendiri, ambil keputusan sendiri dan menjalankan organisasi sendiri. Semuanya harus dimusyawarahkan, dan semua unsur yang ada di dalamnya harus terlibat dan bersama-sama menjalankan keputusan itu," ujar Gusmal yang juga didaulat sebagai ketua MPO MPC PP Kabupaten Solok.



Gusmal juga mengingatkan bahwa tantangan organisasi ke depan akan semakin berat. Menurutnya, seluruh anggota PP harus produktif secara ekonomi. Hal itu tak hanya untuk menopang kemandirian pribadi anggota PP, namun juga akan mempengaruhi kinerja organisasi.

"Para anggota dan pengurus harus punya pekerjaan. Ciptakan lapangan kerja untuk anggota, agar mereka juga berdaya secara ekonomi dan tidak memanfaatkan organisasi untuk mencari pendapatan," tegas Gusmal yang sudah lebih dari 20 tahun aktif sebaga MPO PP Kabupaten Solok tersebut.

Sebagai Bupati Solok, Gusmal juga mengharpkan PP Kabupaten Solok mampu bersinergi dengan Pemkab Solok. Menurutnya, banyak program pemerintah daerah yang sejatinya bisa disinergikan dengan program kepemudaaan. Terutama dalam pemberdayaan dan peningkatan sumberdaya manusia pamuda itu sendiri.

"Saya meminta PP Kabupaten Solok untuk bisa menjadi pelopor penggerak pembangunan melalui program empat pilar pembangunan yang kini diusung oleh Pemkab Solok. Yang penting adalah kemauan. Kemauan untuk maju dan berkembang lebih baik. Karena banyak program daerah yang bisa dimanfaatkan untuk memaksimalkan potensi pemuda. Silahkan koordinasikan dengan dinas dan instansi terkait," ujarnya.

MPC PP Kabupaten Solok memboyong hampir seluruh pengurusnya dalam silaturahmi yang penuh kekeluargaan tersebut. Hadir Ketua MPC PP Kabupaten Solok Lamud Wijaya, Wakil Ketua Yutiswandi, Sekum Wendra Suhita, Wasekum Yora Harina Sindri, Ketua Bidang Sarana dan Iptek Riswan Jaya, Ketua Srikandi Endra Ningsih, Kabid Pengembangan Wilayah Am Prima dan Ketua Satuan Pelajar dan Mahasiswa Ditya Rifanda, serta sejumlah pengurus lainnya.



Ketua MPC PP Kabupaten Solok, Lamud Wijaya, membentangkan sejumlah harapan dan program yang akan diusung di masa kepengurusannya empat tahun ke depan. Sejumlah harapan yang tentunya sebagai upaya merubah imej dan label PP sebagai organisasi yang hanya perkumpulan preman, menjadi organisasi yang memiliki integritas tinggi. Sejumlah program nyata melalui pemberdayaan ekonomi sudah mulai disiapkan untuk menjawab harapan itu.

"Saat ini, meski belum dilantik, namun MPC PP Kabupaten Solok sudah bergerak dengan program nyata. Salah satunya adalah unit usaha Resto yang akan diluncurkan dalam waktu dekat di Jalinsum By Pass Kota Solok. Selain akan menyediakan kopi khas Solok (Solok Radjo) dan kuliner khas Solok, resto ini akan dikelola secara profesional dengan sistem investasi dari anggota dan pembagian hasil berdasarkan persentase saham yang dimiliki.

"Selain membuka lapangan kerja bagi anggota, laba usaha ini juga akan disisihkan untuk organisasi PP Kabupaten Solok," ujar Lamud Wijaya.

Sementara itu, di bidang pertanian, MPC PP Kabupaten Solok saat ini juga telah digerakkan perkebunan serai wangi sebagai bahan baku pembuatan minyak atsiri di daerah Sirukam Kecamatan Payung Sekaki.

"Kami siap bersinergi dengan pemerintah daerah dan ormas lain di daerah ini dalam mensukseskan berbagai program pemerintah, seperti Rmpat Pilar Pembangunan di Kabupaten Solok ini," tegas Lamud Wijaya. (PN-001)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 PATRONNEWS | All Right Reserved