Pertama di Sumbar, Pimpinan Definitif dan AKD DPRD Kota Solok Dilantik - PATRONNEWS

Thursday, September 19, 2019

Pertama di Sumbar, Pimpinan Definitif dan AKD DPRD Kota Solok Dilantik

Pertama di Sumbar, Pimpinan Definitif dan AKD DPRD Kota Solok Dilantik


SOLOK- DPRD Kota Solok akhirnya memiliki pimpinan definitif periode 2019-2024. Ketua Partai Golkar Kota Solok, Yutris Can, SE, dilantik sebagai Ketua DPRD Kota Solok periode 2019-2024 di Gedung DPRD Kota Solok, Kamis (19/9/2019). Boris (panggilan Yutris Can) akan didampingi dua Wakil Ketua DPRD, yakni Efriyon Coneng (PAN) dan Bayu Kharisma (Demokrat). Prosesi pengambilan Sumpah Jabatan dilakukan oleh Wakil Ketua Pengadilan Negeri Solok. Turut menyaksikan Wali Kota Solok Zul Elfian Dt Tianso, Wakil Wali Kota Reinier Dt Mangkuto Alam, Forkopimda, Ketua Sementara DPRD Kabupaten Solok Jon Firman Pandu,  Ketua KPU Asraf Daniel, Ketua Bawaslu Triati, Aggota DPRD periode 2019- 2024, Kepala OPD lingkup Pemerintah dan Tokoh Masyarakat Kota Solok.

Ketua DPRD Kota Solok Yutris Can (kiri) bersama Ketua Fraksi Partai Golkar Ramadhani Kirana Putra


Ketua DPRD Kota Solok Yutris Can memgucapkan terima kasih kepada seluruh Anggota DPRD Kota Solok yang telah bekerja keras merampungkan unsur pimpinan definitif, dan seluruh alat kelengkapan dewan (AKD). Menurutnya, sinergitas tersebut harus tetap dipertahankan untuk membawa Kota Solok ke arah yang lebih baik. Yutris Can juga menegaskan bahwa jabatan adalah amanah. Boris juga mengingatkan pelantikan dan pembentukan AKD merupakan awal dari kerja pengabdian ke masyarakat Kota Solok.

"Jabatan adalah amanah dan beban berat yang harus dipertanggung jawabkan. Tidak hanya kepada konstituen dan masyarakat Kota Solok, tapi juga kepada Allah SWT. Kita ucapkan selamat bekerja kepada pimpinan DPRD, pimpinan AKD dan seluruh Anggota DPRD Kota Solok periode 2019-2024. Mari berkolaborasi dengan seluruh elemen untuk Kota Solok yang lebih baik ke depan," ungkapnya.

Wakil Ketua DPRD Kota Solok Efriyon Coneng (dua dari kanan), bersama Ketua DPRD Kota Solok Yutris Can (kanan).


Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Kota Solok Efriyon Coneng, menegaskan dirinya siap mendukung penuh Ketua DPRD dan seluruh pimpinan AKD. Sekretaris DPD PAN Kota Solok tersebut menyatakan dirinya bersama Anggota DPRD dari PAN, Rusdi Saleh, dan seluruh anggota Fraksi Adil Makmur, siap memberikan sumbangsih dan pengabdian terbaik untuk Kota Solok.

"Sesuai niat awal kita menjadi anggota DPRD, ini adalah lahan pengabdian ke masyarakat Kota Solok. Sedangkan jabatan adalah amanah," ujarnya.

Meski kedua Anggota DPRD Kota Solok dari PAN adalah wajah baru di periode 2019-2024, Efriyon Coneng dan Rusdi Saleh, adalah wajah lama di Kota Solok. Efriyon Coneng merupakan politisi senior yang sudah tiga kali maju sebagai Caleg DPRD Kota Solok. Sebelumnya, Ketua Ikatan Keluarga Kacang (IKKA) Kota Solok tersebut adalah Tenaga Ahli (TA) di DPD RI. Pengalaman di IKKA dan DPD RI tersebut, tentu tidak akan banyak berbeda di DPRD Kota Solok. Di samping itu, Efriyon yang lekat dengan panggilan Coneng tersebut merupakan Manager Operasional NC Plaza Group, sebuah usaha keluarga dari Senator Sumbar, Nofi Candra.

"Komitmen kita adalah senantiasa belajar dan mengabdi sesuai tugas kita sebagai legislator. Pengalaman sebelumnya di partai dan di masyarakat, kita harapkan bisa berbuat yang terbaik bagi daerah," ungkapnya.

Anggota DPRD Kota Solok dari Partai PAN Rusdi Saleh.


Sementara itu, Rusdi Saleh yang terpilih dari Dapil Lubuk Sikarah, juga merupakan wajah lama di Kota Solok. Pria flamboyan tersebut selama ini aktif sebagai perwakilan Yayasan Darianis Yatim di Sumbar. Yayasan yang dipimpin oleh Yenon Osra, perantau asal Tanjung Bingkung Solok ini aktif dalam kegiatan sosial di Sumbar. Seperti membangun masjid, mushalla, pesantren, membantu pendididikan warga kurang mampu, dan kegiatan sosial lainnya. Selain itu, Rusdi Saleh sebelumnya merupakan Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (LPMK) Tanah Garam Kota Solok.

"Sebelumnya adalah lahan pengabdian. Sekarang, di DPRD Kota Solok juga lahan pengabdian. Hanya tempatnya saja berbeda. Menjadi lebih luas. Meski sudah menjadi Anggota DPRD Kota Solok, komitmen di Yayasan Darianis Yatim akan tetap seperti biasa. Begitu juga dengan keseharian di masyarakat," ujar Rusdi Saleh, yang juga Ketua Alumni SMPN 1 Kota Solok ini.



Sementara itu, Wali Kota Solok Zul Elfian dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat kepada Pimpinan DPRD yang baru kepada Yutris Can, SE Ketua DPRD dari Partai (Golongan Karya), Efriyon Coneng, Wakil Ketua dari (Partai PAN), Bayu Kharisma, Wakil Ketua dari (Pantai Demokrat) Periode 2019-2024.

"Semoga amanat yang dipercayakan ini dijalankan sebaik-baiknya, ciptakan inovasi atau ide baru untuk kemajuan pembangunan dan kesejahteraan Kota Solok kedepan." ucap Wali Kota

Anggota DPRD Kota Solok periode 2019-2024


Ucapan terimakasih juga kepada Pimpinan DPRD sebelumnya Periode 2014-2019 telah bekerjasama dengan baik dengan Pemerintah dan Masyarakat Kota Solok.

"Dengan pengucapan sumpah/janji tadi berarti sudah sah untuk Pimpinan DPRD Periode 2019- 2024, Kota Solok yang pertama melaksanakan dari Kota/Kab lainnya di Provinsi Sumatera Barat," tutup Zul Elfian. (PN-001)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 PATRONNEWS | All Right Reserved