Bangkit, Semen Padang Tekuk PSM Makassar 2-1 - PATRONNEWS

Monday, September 23, 2019

Bangkit, Semen Padang Tekuk PSM Makassar 2-1

Bangkit, Semen Padang Tekuk PSM Makassar 2-1


PADANG - Semen Padang berhasil menyudahi perlawan PSM Makassar di pekan ke-20 Liga 1 2019 lewat drama hilangnya dua kiper tim tamu. Semen Padang berhasil menang atas PSM Makassar dengan skor 2-1 dalam laga pekan ke-20 di Stadion Haji Agus Salim, Kota Padang pada Senin (23/9/2019). Gol untuk Semen Padang dicetak oleh Flavio Beck Junior pada menit ke-45+6, Vanderlei Francisco di menit ke-89. Sedangkan bagi PSM, gol balasan dicetak oleh mantan pemain Semen Padang sendiri, Ferdinand Sinaga di menit ke-70.

Semen Padang langsung tancap gas setelah wasit meniup peluit dimulainya babak pertama. Tuan rumah terlihat mendominasi permainan pada 10 menit awal pertandingan. Selepas 15 menit pertandingan berjalan, PSM baru bisa keluar dari tekanan dan mencoba balik menyerang Semen Padang.

Memasuki menit ke-30 kedua tim belum juga mampu memecah kebuntuan. Akan tetapi, cukup terlihat bahwa pada laga kali ini Semen Padang bermain lebih dominan daripada tim tamu.

PSM Makassar terlihat hanya mengandalkan serangan balik dengan sesekali menekan pertahanan Semen Padang. Namun, baik PSM Makassar maupun Semen Padang tak mampu memaksimalkan peluang yang ada.

Memasuki menit ke-37, sempat terjadi ketegangan di lapangan ketika kiper PSM, Rivky Mokodompit berbenturan dengan striker Kabau Sirah, Karl Max Barthelemy. Benturan tersebut tampaknya begitu parah sehingga memaksa Rivky Mokodompit dilarikan ke rumah sakit.

Dengan dilarikannya Rivky ke rumah sakit, otomastis PSM menggantikan perannya dengan kiper kedua, Hery Prasetyo, yang masuk pada menit ke-42.

Semen Padang mampu mencetak gol terlebih dahulu di injury time babak pertama lewat sang gelandang, Flavio Beck Junior, pada menit ke-45+5. Flavio yang melakukan tendangan bebas mampu membuat pemain PSM mati langkah, sehingga bola hasil sepakannya meluncur begitu saja ke gawang PSM. Sehingga, Kabau Sirah mampu menutup babak pertama dengan keunggulan tipis atas tim tamu dengan skor 1-0.

Pada babak kedua, Semen Padang semakin termotivasi untuk memperlebar keunggulan atas PSM. Hal itu ditunjukkan dengan langsung menekannya Kabau Sirah setelah babak kedua dimulai.

PSM yang tak ingin pulang dengan tangan hampa mencoba memasukkan tenaga baru di lini serang. Zulham Zamrun masuk di babak kedua untuk menggantikan M.Rahmat yang tak terlalu terlihat perannya di babak pertama.

Pada paruh kedua ini, terlihat tuan rumah dan tim tamu sama-sama ngotot untuk menekan pertahanan masing-masing lawan. Baik Semen Padang maupun PSM tim silih berganti menekan dalam 10 menit awal babak kedua.

Pada menit ke-70, Ferdinand Sinaga yang merupakan striker dari PSM Makassar mampu menyamakan kedudukan lewat golnya.

Berawal dari serangan di sisi kiri pertahanan Semen Padang, Asnawi Mangkualam mampu melepaskan tembakan langsung ke arah gawang Teja Paku Alam yang sebenarnya mampu ditepis. Akan tetapi, bola muntah hasil tepisan Teja Paku Alam bergulir tepat di depan Ferdinand Sinaga yang dengan bebas langsung menceploskan bola ke dalam gawan.

Menit ke-76, PSM kembali harus kehilangan penjaga gawangnya, setelah Hery Prasetyo berbenturan dengan rekannya sendiri, Abdul Rahman.

PSM yang sudah menggunakan seluruh kesempatan pergantiannya terpaksa bermain dengan 10 orang pemain setelah Hery Prasetyo tak bisa melanjutkan pertandingan. Posisi penjaga gawang PSM pun dipercaya kepada gelandangnya, Zulham Zamrun.

Memasuki menit ke-89, Semen Padang berhasil kembali unggul lewat sang striker, Vanderlei Francisco. Gol kedua bagi tuan rumah kali ini terjadi akibat kesalahpahaman antara Zulham Zamrun dan pemain belakang PSM. Bola hasil gocekan Vanderlei Francisco gagal diantisipasi dengan baik oleh kedua pemain Juku Eja tersebut dan bola bergulir masuk ke gawang PSM.

Skor 2-1 bagi keunggulan Semen Padang berhasil bertahan hingga pertandingan berakhir. (*/PN-001)

Susunan Pemain: 

SEMEN PADANG FC (4-3-3): 12-Teja Paku Alam; 22-Agung Prasetyo, 55-M.Rifqi, 44-Syaeful Anwar, 15-Leo Guntara; 10-Dedi Hartono, 6-Fridolin Yoku, 87-Flavio Beck; 88-Irsyad Maulana (89-Vendry Mofu 74'), 9-Karl Max Barthelemy, 99-Vanderlei Francisco.

Pelatih: Eduardo Almeida

PSM MAKASSAR (4-4-2): 20-Rivky Mokodompit (77-Hery Prasetyo 42'); 28-Abdul Rahman, 16-Munhar, 14- Asnawi Mangkualam, 29-Firza Andika; 19-Rizky Pellu, 24-M.Rizky Pratama, 80-Wiljan Pluim, 10-Marc Klok (50-Raphael Maitimo 60'); 6-Ferdinand Sinaga, 11-Rahmat (7-Zulham Zamrun 46').

Pelatih: Darije Kalezic

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 PATRONNEWS | All Right Reserved