Ramadhani, Taufiq, Hendra, Pimpin Fraksi-Fraksi DPRD Kota Solok - PATRONNEWS

Wednesday, August 21, 2019

Ramadhani, Taufiq, Hendra, Pimpin Fraksi-Fraksi DPRD Kota Solok

Ramadhani, Taufiq, Hendra, Pimpin Fraksi-Fraksi DPRD Kota Solok

SOLOK - Fraksi-fraksi di DPRD Kota Solok masa jabatan 2019-2024 akhirnya terbentuk. Sebanyak tiga fraksi dengan komposisi mengejutkan, akhirnya diumumkan, sekaligus dengan ketua fraksinya masing-masing. Ketiga fraksi tersebut adalah Fraksi Golongan Karya (Golkar), dengan jumlah tiga kursi. Kemudian Fraksi Adil Makmur dengan 8 kursi, dan Fraksi Solok Bersatu dengan 9 kursi.

Ketua DPRD Kota Solok, Yutris Can, menyatakan komposisi fraksi-fraksi telah dibentuk dan diumumkan pada akhir Sidang Paripurna DPRD agenda Mendengarkan Pidato Kenegaraan Presiden tadi pagi, Jumat (16/8). Sidang yang dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Sementara Kota Solok, Yutris Can,SE, tersebut salah satunya mengumumkan Fraksi-fraksi yang sudah terbentuk dan disampaikan oleh Sekretaris Dewan, Zulfahmi.

"Alhamdulillah, fraksi-fraksi sudah terbentuk. Ke depan, kita menunggu penetapan dan pengesahan unsur pimpinan DPRD yang definitif, dan dilanjutkan dengan pembentukan Alat Kelengkapan Dewan (AKD) yang definitif. Kita harapkan, semua prosesnya bisa berlangsung cepat. Sehingga kita bisa langsung membahas KUA PPAS 2020 dan APBD 2020," ungkap Yutris Can, Rabu (21/8).

Fraksi Golongan Karya (Golkar) diketuai oleh Ramadhani Kirana Putra, dengan Sekretaris Nasril In Dt Malintang Sutan dan Anggota Yutris Can. Fraksi Golkar menjadi satu-satunya fraksi mandiri di DPRD Kota Solok.

Fraksi Solok Adil Makmur, yaitu Fraksi gabungan yang terdiri dari Partai Amanat Nasional, Partai Keadilan Sejahtera, Partai Gerakan Indonesia Raya, Partai Keadailan dan Persatuan Indonesia serta Partai Persatuan Pembangunan. Fraksi tersebut diketuai oleh Taufiq Nizam dari PKS, dengan Wakil Ketua Rusdi Saleh (PAN), dan Sekretaris Andi Eka Putra (PPP). Dengan Anggota Fraksi, Irwan Sari In (PKPI), Ade Merta (PKS), Rika Hanom (Gerindra), Efriyon Coneng (PAN) dan Harizal (Gerindra).

Fraksi Solok Bersatu yaitu fraksi gabungan yang terdiri dari Partai Demokrat, Partai Bulan Bintang, Partai Nasional Demokrat, Partai Hati Nurani Rakyat dan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan. Fraksi dengan jumlah 9 kursi ini diketuai oleh Hendra Saputra (PBB), Wakil Ketua Rusnaldi (Hanura), dan Sekretaris Leo Murphy (PDIP). Dengan anggota Amrinof Dias Dt Ula Gadang (NasDem), Yoserizal (NasDem), Wazadly (PBB), Bayu Kharisma (Demokrat), Deni Nofri Pudung (Demokrat) dan Ade Surya Dharma (Hanura).

Yutris Can memaparkan, pihaknya sebagai pimpinan sementara DPRD Kota Solok masih memiliki tugas penting lainnya yang harus dituntaskan yaitu akan memproses pengajuan nama-nama pimpinan DPRD Kota Solok definitif, sedangkan pembentukan Alat Kelengkapan Dewan (AKD) nantinya dibentuk oleh pimpinan definitif tersebut.

Saat ini, terdapat tiga partai yang berhak menduduki kursi pimpinan DPRD Kota Solok yaitu dari Partai Golongan Karya akan menduduki sebagai Pimpinan Ketua, Partai Amanat Nasional dan Partai Demokrat sebagai Wakil Pimpinan DPRD.

"Saat ini, kita sedang menunggu nama-nama yang diajukan sebagai calon pimpinan DPRD definitif yang nantinya akan digelar paripurna lagi untuk ditetapkan," ujarnya. (rijal islamy)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 PATRONNEWS | All Right Reserved