Nama Iriadi Dt Tumanggung Makin Populer di Bursa Pilkada Kabupaten Solok 2020 - PATRONNEWS

Friday, August 9, 2019

Nama Iriadi Dt Tumanggung Makin Populer di Bursa Pilkada Kabupaten Solok 2020

Nama Iriadi Dt Tumanggung Makin Populer di Bursa Pilkada Kabupaten Solok 2020


Figur Solusi untuk Optimalkan Potensi

SOLOK - Bursa Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Solok 2020 mendatang semakin semarak. Nama-nama bakal calon (Balon) Bupati Solok 2020-2024 mulai bermunculan. Sejumlah nama yang disebut-sebut bakal bertarung di antaranya, petahana Wakil Bupati Solok Yulfadri Nurdin, Anggota DPD RI Nofi Candra, Walikota Solok Zul Elfian, Ketua DPC Partai Gerindra Kabupaten Solok Jon Firman Pandu, mantan Wakil Bupati Solok dua periode Desra Ediwan Anantanur, Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Solok Agus Syahdeman, hingga anak kandung Bupati Solok Renaldo Gusmal. Selain nama-nama itu, satu nama lainnya muncul secara massif dan menjadi pembicaraan di Kabupaten Solok. Dia adalah Iriadi Dt Tumanggung, birokrat senior yang sukses di Sumatera Selatan. Siapa Iriadi Dt Tumanggung?

Laporan RIJAL ISLAMY, Solok

Nama Iriadi Dt Tumanggung, tidak muncul secara tiba-tiba di bursa Pilkada Kabupaten Solok 2020. Jauh hari, nama Iriadi sudah menjadi pembicaraan, khususnya di Nagari Selayo, Kecamatan Kubung. Kiprahnya sebagai birokrat senior dan disegani di Pemprov Sumsel, ternyata juga berdengung hingga ke Kabupaten Solok. Layaknya warga Minangkabau yang suka merantau, keinginan pulang kampung dan berbakti di tanah kelahiran, membuat Iriadi menegaskan niat menjadi bakal calon Bupati Solok.

Iriadi Dt Tumanggung lahir di Selayo pada 11 November 1962. Alumni Fakultas Pertanian, Universitas Sriwijaya, Palembang ini, hingga kini, dipercaya Gubernur Sumsel Herman Deru sebagai Kepala Sekretariat Bawaslu Sumsel. Kedekatannya dengan Gubernur Sumsel sebelumnya, Alex Nurdin, membuat Iriadi Dt Manggung dipercaya memimpin jabatan-jabatan strategis di Pemprov Sumsel.



Menjadi kandidat unggulan di bursa Pilkada Kabupaten Solok 2020, Iriadi dikesankan sebagai sosok pekerja keras yang sukses dalam "kompetisi hidup" di tanah rantau. Pengalamannya Iriadi Dt Tumanggung di Sumsel, membuatnya dianggap sebagai figur yang mampu dan layak mengganti Bupati Solok saat ini, Gusmal Dt Rajo Lelo. Sosok Iriadi yang selama ini banyak mengabdikan diri di Sumsel dinilai sebagai pekerja keras yang memiliki komitmen terhadap tugas yang diembannya. Apalagi dalam berbagai jabatan terakhir Iriadi banyak berkecimpung dalam tugas ke-Pemilu-an yang menuntut integritas tinggi.

Dengan luas wilayah 3.738 km2, Kabupaten Solok memiliki banyak Sumber Daya Alam unggulan terutama pertanian dan pariwisata. Menurut Iriadi, Bupati mendatang haruslah sosok pekerja keras yang mampu mengoptimalkan potensi yang ada.

"Saya menegaskan diri bakal maju di bursa Pilkada Kabupaten Solok tahun 2020 mendatang," ujarnya, Selasa (6/8).

Pilkada Kabupaten Solok dijadwalkan pelaksanaannya berbarengan dengan 170 wilayah lain se-Indonesia pada September 2020 mendatang. Dalam berbagai polling yang digelar media online, nama Iriadi selalu mengungguli para kandidat lainnya. Dikonfirmasi wartawan saat itu, Iriadi mengucapkan terima kasih atas dukungan masyarakat Solok.

"Mudah-mudahan dukungan ini akan membawa kemenangan riil dalam Pilkada tahun depan. Insyaallah, beberapa partai juga telah berkomitmen akan mengusung saya sebagai calon Bupati Solok mendatang," ujarnya optimistis.

Ibarat kata pepatah, kalau ingin mengetahui sosok seseorang, tanyakan ke teman dan orang dekatnya, sejumlah sejawat Iriadi memberikan sejumlah testimoni terhadap kepribadian Iriadi. Mantan Ketua KPU Sumsel, Maramis, SH, M.Hum, menyebutkan Iriadi sebagai sosok yang sangat berintegritas.

"Saya mengenal beliau (Iriadi, red) sudah cukup lama. Kami sama-sama menyelenggarakan Pemilu tahun 2004 lalu dengan penuh dinamikanya. Saya mengenalnya sebagai pekerja keras yang tak kenal lelah. Di samping itu sosok Iriadi juga selalu tertib administrasi dalam setiap pelaporan hasil kerjanya," ujar Maramis, Selasa (6/8) pagi.

Ditambahkan Maramis yang juga mantan Dekan Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Palembang ini, dalam beberapa kesempatan dirinya sering bepergian bersama melaksanakan tugas. Iriadi sangat peduli sesama teman, terkadang dirinya merasa tak nyaman saat ada teman dalam masalah.

"Hal ini sangat sering saya saksikan langsung dalam berbagai momen bersama Iriadi," ujarnya.



Direktur Lintas Politika Indonesia, Kemas Khoirul Mukhlis, juga memberikan kesan positif ke Iriadi. Pria yang akrab disapa Mukhlis ini, mengungkapkan Iriadi memiliki visi besar dalam membangun Kabupaten Solok.

"Beliau menginginkan kesejahteraan masyarakat sana lebih meningkat, apalagi Solok merupakan sentra industri beras utama di Sumbar. Belum lagi potensi pertanian lain seperti sayur dan bawang yang tumbuh subur di sana. Beliau ingin Solok menjadi Kabupaten yang diperhitungkan dalam kancah nasional, bahkan Internasional," tutur Mukhlis.

Dari sejumlah diskusi bersama Iriadi, Mukhlis mengungkapkan Iriadi ingin berbakti ke tanah kelahirannya dan membangun kampung halamannya. Mukhlis menyebut, Iriadi seringkali mengedepankan konsep mengangkat potensi pariwisata dan pertanian Kabupaten Solok.

"Memahami konsep dan niat besar beliau, saya yakin Kabupaten Solok akan semakin maju. Apalagi Iriadi memiliki relationship dan pergaulan luas di legislatif maupun eksekutif nasional. Ini penting, karena pasti akan mampu memberikan dampak positif bagi pemerintahan Solok mendatang," ungkapnya, Jumat (9/8). (***)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 PATRONNEWS | All Right Reserved