Nagari Talang Juarai Liga Desa Nusantara Tingkat Kabupaten Solok 2019 - PATRONNEWS

Saturday, August 3, 2019

Nagari Talang Juarai Liga Desa Nusantara Tingkat Kabupaten Solok 2019

Nagari Talang Juarai Liga Desa Nusantara Tingkat Kabupaten Solok 2019


SOLOK - Kesebelasan Nagari Talang, Kecamatan Gunung Talang, menjadi juara Liga Desa Nusantara (LDN) tingkat Kabupaten Solok 2019. Nagari Talang menggulung asa Nagari Talang Babungo, Kecamatan Hiliran Gumanti, di partai puncak melalui drama adu penalti. Final yang menjadi klimaks di Lapangan Harimau Data, Nagari Talang, Jumat sore (2/8), terpaksa dituntaskan dengan drama adu penalti setelah di waktu normal, kedua tim bermain imbang 1-1 (0-0).

Partai pamungkas, sekaligus dipandang sebagai final ideal, terjadi setelah di babak semifinal tim Nagari Talang menundukkan Nagari Muaro Paneh dengan skor 2-0 (1-0). Sementara, Nagari Talang Babungo maju ke final setelah melangkahi Nagari Koto Gaek Guguak, dengan skor tipis 2-1 (0-0).

Partai final disaksikan oleh Kapolres Solok Arosuka AKBP Ferry Irawan, yang diwakili oleh Kapolsek Gunung Talang Iptu Yasril Muchtar, Walinagari Talang  Marfes Boy Felli, Anggota DPRD Kabupaten Solok terpilih Iskan Nofis, Ketua Askab PSSI Kabupaten Solok,  yang diwakili oleh Sekum Askab PSSI Kabupaten Solok, Sofriwandi NR,  Plt. Walinagari Talang Babungo dan manajer kedua kesebelasan.

Bupati Solok Gusmal Dt Rajo Lelo, yang diwakili Kabid DPMN, yang menutup secara resmi turnamen LDN ini menyampaikan ucapan terimakasih kepada panitia pelaksana yang sudah sukses menggelar acara ini.

"Saya juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada panitia LDN Sumbar dan pemerintah nagari Talang yang juga sudah mendukung penuh LDN Kabupaten Solok ini," sebutnya.

Koordinator Liga Desa Nusantara Wilayah Sumatera Barat, Renol Fadli atau yang lebih akrab dipanggil Pak Lek, menyatakan Nagari Talang sebagai juara LDN Kabupaten Solok, akan berlaga dengan para juara seri Kabupaten se-Sumbar untuk berebut satu tiket di tingkat Provinsi. Laga tersebut bakal dihelat pada tanggal 17 hingga 24 Agustus 2019.

"Juara Liga Desa Nusantara asal Sumbar, otomatis akan mewakili Sumbar ke seri Nasional tanggal 23-27 September di Jawa Timur," ujarnya.

Renol Fadli juga menyebutkan bahwa di Sumatera Barat sendiri, turnamen Liga Desa Nusantara, bergulir di 6 tempat, yakni di Kabupaten Solok, Limapuluh Kota, Tanah Datar, Padang Pariaman, Kota Pariaman dan Kabupaten Pesisir Selatan.

Untuk Kabupaten Solok, ditunjuk Nagari Talang, Kecamatan Gunung Talang, untuk menjadi tuan rumah. Usai Koodinator LDN Sumbar mensurvey beberapa lapangan sepakbola nagari. Seperti di Jorong Lambah Nagari Air Batumbuk, Lapangan di Nagari Batang Barus dan Talang.

"Hajatan sepakbola antar desa di bawah Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal Dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) ini, mengakomodir pemain-pemain muda kelahiran 1 Januari 2000 sampai 31 Desember 2001. Saya melihat Kompetisi semacam ini baik untuk menggali talenta-talenta sepakbola yang tersembunyi di Nagari-Nagari yang ada di Sumatera Barat. Apalagi dengan batasan usia dibawah 20 tahun, Liga Desa memberikan kesempatan yang sama untuk pemain-pemain muda yang selama ini mungkin tidak punya kesempatan tampil di ajang-ajang profesional," terang Renol Fadli.

Ketua Panitia Pelaksana LDN kabupaten Solok, Hendra Setia Gunawan, memyatakam pertandingan LDN 2019, berjalan aman dan tertib dan selalu dihadiri panitia LDN sumbar, seperti Renold dan Robi.

"Alhamdulillah pertandingan babak final berjalan dengan aman dan lancar, "  sebut Ketua panitia pelaksana,  Hendra Setia Gunawan.

Lebih jauh disebutkan Hendra Setia Gunawan, Kabupaten Solok, termasuk
salah Satu dari Lima Kabupaten di Sumatera Barat yang ditunjuk untuk menggelar turnamen sepakbola nasional Usia 18-19 berupa 'Liga Desa Nusantara' yang ditabuh oleh Republik Indonesia.

"Setiap hari kita menggelar dua pertandingan dengan sistim gugur dan tahun ini hanya 16 Nagari yang mendapat jatah untuk Kabupaten Solok dari dan ditunjuk panitia dari Provinsi.
dan Final LDN kabupaten Solok ini berjalan sesuai rencana," sebutnya.

Sebelumnya Walinagari Talang, Marfes Boy Felli,  mengaku bangga nagarinya ditunjuk sebagai salah satu tempat pelaksanaan Liga Desa Nusantara ini. "Yang pasti kami atas nama masyarakat Talang,  menyampaikan terima kasih kepada semua yang sudah mendukung acara ini," sebut Marfes Boy Felli.

Nagari yang ikut LDN tingkat Kabupaten Solok 2019, antara lain Nagari Talang, Sumani, Koto Gaek Guguak, Kinari, Muara Panas, Singkarak, Surian, Salayo, Salimpek, Alahan Panjang, Sungai Nanam, Simpang Tanjung Nan Ampek, Talang Babungo, Sulit Air,  Paninggahan dan Air Batumbuk. (rijal islamy)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 PATRONNEWS | All Right Reserved