Zul Elfian – Reza Fahlevi di Pilkada Sumbar 2020? - PATRONNEWS

Wednesday, July 24, 2019

Zul Elfian – Reza Fahlevi di Pilkada Sumbar 2020?

  Zul Elfian – Reza Fahlevi di Pilkada Sumbar 2020?


SOLOK – Walikota Solok, Zul Elfian Dt Tianso, menerima kunjungan silaturahim Walikota Payakumbuh, Riza Fahlevi di Rumah Dinas Walikota Solok, Sabtu (13/7). Menerima kunjungan silahturahim dari teman sejawat sesama Walikota, Zul Elfian menegaskan hal itu, hanya silaturahim dan tidak ada unsur politis.

“Karena sama-sama disibukkan mengurus daerah masing-masing, terkadang kita lupa melakukan hal-hal kecil seperti ini yang sesungguhnya memiliki makna yang besar. Kami serasa dapat berkah telah dikunjungi saudara kembar, karena dua kota ini ditetapkan dengan aturan yang sama, 2020 sama berusia setengah abad,” ungkap Zul Elfian.

Dari pembicaraan dua kepala daerah ini, terungkap keduanya saling berbagi terkait persoalaan di daerah yang mereka pimpin. Wako Riza yang datang didampingi Sekda Payakumbuh Rida Ananda yang juga merupakan putera Solok. Mereka juga berbagi banyak hal dalam pelaksanaan roda pemerintah di daerahnya.

“Sebagai dua kota kembar yang ditetapkan dengan aturan yang sama. Banyak persoalan yang menarik untuk didiskusikan terutama terkait pembangunan daerah dan persoalan kemasyarakatan, sekaligus menjalin tali silahturahim antar daerah,” ungkap Riza.

Banyak hal yang didiskusikan sehingga dua jam berlalu tanpa terasa. Kedua pimpinan daerah ini berencana akan menyiapkan waktu khusus dan longgar dengan melibatkan OPD sehingga dapat saling berbagi lebih konkrit bagi kelancaran pelaksanaan roda pemerintahan kedua daerah.

Meski sudah ditegaskan bahwa pertemuan dua walikota ini adalah silaturahmi, namun tetap saja hal ini bisa mengarah ke politis. Riza Fahlevi saat ini sedang menjalani periode kedua sebagai Walikota Payakumbuh. Belum bisa dipastikan kemana arah Riza selanjutnya. Apakah akan istirahat di kancah politik Sumbar dan kembali menjadi pengusaha, atau menapak jenjang yang lebih tinggi menjadi calon Gubernur atau Wakil Gubernur Sumbar.

Sementara itu, Zul Elfian saat ini menjalani periode pertama sebagai Walikota Solok. Sebelumnya, pamong senior di Kota Solok tersebut adalah Wakil Walikota Solok saat Kota Beras dipimpin Irzal Ilyas Dt Lawik Basa. Pada kontestasi politik 2020 mendatang, belum ada pernyataan Zul Elfian tentang langkahnya ke depan.

Di masyarakat Kota Solok, Kabupaten Solok dan Sumbar, Zul Elfian digadang-gadang bakal menyeberang ke Kabupaten Solok. Mencalonkan diri menjadi Bupati Solok tahun 2020. Namun, Walikota yang akrab dipanggil “Buya” tersebut juga disebut-sebut bakal “tampil” di kontestasi Pilkada Sumbar. Menjadi calon Gubernur atau Wakil Gubernur Sumbar. Peluangnya terbilang sangat besar. Dengan membawa nama Solok Raya (Kota Solok, Kabupaten Solok, Solok Selatan) dan Sumbar Timur (Solok Raya ditambah Sijunjung, Sawahlunto, Dharmasraya), peluang Zul Elfian terbilang sangat besar.

Jika Riza Fahlevi bisa “menggaet” atau “digaet” Zul Elfian, suara Sumbar Timur, akan membuat persaingan Pilkada Sumbar 2020 menjadi sangat seru. Apalagi, jika suara Sumbar “dibagi” dua wilayah sesuai daerah pemilihan (Dapil) DPR RI, maka paduan Riza dan Zul Elfian akan menjadi kekuatan yang sangat menakutkan. Yakni Sumbar 1 dan Sumbar 2, ditambah figur agamis yang melekat di nama keduanya. “Buya” Zul Elfian dan kader PKS yang melekat di diri Riza Fahlevi.

“Belum sejauh itu. Pertemuan kami, murni silaturahmi,” ujar Zul elfian. (rijal islamy)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 PATRONNEWS | All Right Reserved