News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Sijunjung, Dharmasraya, Sawahlunto dan Pasaman Barat Naik Status Menjadi Daerah Maju

Sijunjung, Dharmasraya, Sawahlunto dan Pasaman Barat Naik Status Menjadi Daerah Maju

SIJUNJUNG - Kabupaten Sijunjung salah satu dari empat daerah di Sumatera Barat yang berhasil meningkatkan status kabupaten berkembang menjadi kabupaten maju. Tiga daerah lainnya adalah Dharmasraya, Sawahlunto dan Pasaman Barat. Hal ini sesuai dengan klasifikasi Indeks Desa Membangun (IDM) Tahun 2021.

Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah menyerahkan penghargaan kepada Bupati Sijunjung yang diterima oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Nagari Kabupaten Sijunjung, Khamsiardi, Senin (20/12/2021) lalu di Hotel Pangeran Beach Padang.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Nagari, Khamsiardi prestasi yang diraih Kabupaten Sijunjung sesuai dengan IDM Kabupaten Sijunjung pada 2021. Dijelaskan Ardi, nilai rata rata IDM Kabupaten Sijunjung pada tahun 2020 adalah 0,7024 dengan status Kabupaten Berkembang. Pada tahun 2021 nilai rata-rata IDM Kabupaten Sijunjung naik menjadi 0,7273 dengan status Kabupaten Maju.

"Kita menerima penghargaan atas Indeks Desa Membangun dari Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi Republik Indonesia. Secara bersamaan, Gubernur Sumbar menyerahkan piagam itu kepada empat kabupaten di Sumbar yang meraih prestasi ini, yakni Kabupaten Sijunjung, Dharmasraya, Pasaman Barat dan Sawahlunto," tuturnya.

Menurutnya, kenaikan kelas dari Kabupaten berkembang menjadi Kabupaten Maju, Sijunjung telah diakui mampu mengelola potensi sumber daya sosial, ekonomi dan ekologi, serta kemampuan mengelolanya untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat desa, kualitas hidup manusia, dan menanggulangi kemiskinan.

"Sebelumnya Kabupaten Sijunjung masuk kategori kabupaten berkembang, dimana desa saat itu memiliki sumber daya sosial, ekonomi dan ekologi tetapi belum mampu dikelola secara optimal untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa," ungkap Ardi.

Pencapaian ini sebutnya, tentu juga berkat dukungan pihak-pihak terkait, seperti OPD terkait di Kabupaten Sijunjung, Pendamping Profesional P3MD serta peran aktif Wali Nagari bersama seluruh perangkat nagari

"Mudah-mudahan ke depannya Kabupaten Sijunjung bisa meraih kategori desa tertinggi yaitu desa mandiri yang memiliki kemampuan melaksanakan pembangunan desa untuk peningkatan kualitas hidup masyarakatnya," pungkasnya. (*/PN-001)

Sumber: Media Center Sijunjung

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment